What Does Navigation Mean on Instagram Story

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Sosial media telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan Instagram merupakan salah satu dari platform yang paling populer. Fitur yang menarik dalam Instagram adalah Instagram Story. Instagram Story memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto dan video dalam jangka waktu 24 jam. Namun, apakah kamu tahu apa arti navigasi pada Instagram Story?

Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang navigasi pada Instagram Story. Kamu akan mempelajari cara menggunakan berbagai fitur navigasi yang ada dan bagaimana memanfaatkannya sebaik mungkin.

Saat membuka Instagram Story, pengguna akan melihat berbagai ikon navigasi di bagian bawah layar. Ikon-ikon ini memungkinkan pengguna untuk berpindah antara konten, melihat cerita dari pengguna lain, dan mengakses fitur-fitur tambahan.

Sebelum membahas lebih jauh, berikut adalah beberapa istilah dasar yang perlu kamu ketahui:

Ikon Deskripsi
ikon rumah Menu Home – Mengarahkan pengguna kembali ke halaman awal di Instagram Story.
ikon pencarian Menu Pencarian – Memungkinkan pengguna untuk mencari konten atau pengguna tertentu pada halaman Instagram Story.
ikon tambah Menu Tambah – Pengguna dapat menambahkan foto atau video baru ke cerita mereka melalui menu ini.
ikon notifikasi Menu Notifikasi – Menampilkan notifikasi aktivitas terbaru pengguna, seperti like, komentar, atau mention.
ikon profil Menu Profil – Mengarahkan pengguna ke halaman profil mereka, di mana mereka dapat melihat dan mengedit informasi pribadi mereka.

Setelah memahami ikon-ikon di bagian bawah layar, mari kita jelajahi kelebihan dan kekurangan navigasi pada Instagram Story.

Kelebihan Navigasi pada Instagram Story

Berikut adalah beberapa kelebihan navigasi pada Instagram Story:

  1. Memungkinkan pengguna untuk berpindah antara cerita mereka sendiri dengan mudah. ⭐
  2. Menggunakan gesekan horizontal untuk melihat cerita pengguna lain, membuat pengalaman pengguna yang lebih intuitif. ⭐
  3. Mendukung fitur navigasi lanjutan seperti swipe up untuk mengakses tautan eksternal. ⭐
  4. Memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan langsung kepada pemilik cerita melalui Direct Message. ⭐
  5. Memberikan kemampuan untuk memposting cerita dalam waktu yang tetap, yang berarti pengguna dapat mengatur konten mereka sebelum membagikannya. ⭐
  6. Meningkatkan interaksi antara pengguna dengan fitur-fitur seperti tanya-jawab dan polling. ⭐
  7. Menyediakan berbagai filter dan efek kreatif untuk mempercantik cerita pengguna. ⭐
BACA JUGA  Cara Mengganti Password Instagram yang Lupa

Meskipun navigasi pada Instagram Story memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  1. Beberapa fitur navigasi hanya tersedia bagi pengguna yang memiliki jumlah pengikut tertentu, seperti penambahan tautan swipe up. ❌
  2. Keterbatasan dalam mengatur urutan cerita pengguna di halaman utama Instagram Story. ❌
  3. Terbatasnya opsi filter dan efek kreatif yang tersedia dibandingkan dengan platform sosial media lainnya. ❌
  4. Beberapa pengguna cenderung melewatkan cerita dengan cepat, sehingga konten pengguna mungkin tidak terlihat dengan baik. ❌
  5. Keterbatasan durasi cerita hingga 15 detik, dengan opsi untuk mengunggah cerita lebih lama, tetapi dengan pemotongan otomatis menjadi bagian 15 detik. ❌
  6. Keterbatasan dalam mengatur privasi cerita, seperti membatasi siapa yang dapat melihat cerita pengguna. ❌
  7. Keterbatasan dalam melakukan penulisan teks atau melukis pada cerita. ❌

Tabel Informasi Navigasi pada Instagram Story

Ikon Deskripsi Kelebihan Kekurangan
ikon rumah Menu Home
  • Memudahkan pengguna kembali ke halaman awal Instagram Story.
ikon pencarian Menu Pencarian
  • Membantu pengguna mencari konten atau pengguna tertentu di Instagram Story.
ikon tambah Menu Tambah
  • Memungkinkan pengguna menambahkan foto atau video baru ke cerita mereka.
ikon notifikasi Menu Notifikasi
  • Menampilkan notifikasi aktivitas terbaru pengguna, seperti like, komentar, atau mention.
ikon profil Menu Profil
  • Mengarahkan pengguna ke halaman profil mereka, di mana mereka dapat melihat dan mengedit informasi pribadi mereka.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara melihat cerita pengguna lain di Instagram Story?

Untuk melihat cerita pengguna lain di Instagram Story, geser ke kiri atau kanan di atas layar saat berada di halaman cerita. Ini akan membuka cerita pengguna lain yang telah diunggah dalam 24 jam terakhir.

2. Bagaimana cara menambahkan tautan swipe up di cerita Instagram?

Untuk menambahkan tautan swipe up di cerita Instagram, pengguna harus memiliki 10.000 pengikut atau lebih dan profil bisnis yang terverifikasi. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, opsi untuk menambahkan tautan akan muncul di bagian atas layar saat membuat cerita.

BACA JUGA  Cara Pindah Instagram ke HP Baru

3. Apakah saya dapat mengedit cerita setelah membagikannya?

Tidak, setelah sebuah cerita diunggah, pengguna tidak dapat mengeditnya. Namun, pengguna masih dapat menghapus cerita yang telah diunggah.

4. Berapa lama durasi cerita di Instagram Story?

Durasi cerita individu di Instagram Story adalah 15 detik. Untuk cerita yang lebih panjang, pengguna bisa mengunggah bagian cerita yang terpotong secara otomatis menjadi durasi 15 detik. Pengguna juga dapat mengunggah cerita menjadi foto atau video yang lebih lama melalui Video IGTV.

5. Bisakah saya mengedit foto atau video sebelum membagikannya di cerita?

Ya, pengguna dapat mengedit foto atau video sebelum membagikannya di cerita. Instagram menyediakan berbagai filter, penyesuaian warna, dan efek kreatif lainnya untuk meningkatkan tampilan konten pengguna.

6. Bagaimana cara melihat siapa yang telah melihat cerita saya?

Setelah mengunggah sebuah cerita, pengguna dapat melihat siapa saja yang telah melihat cerita mereka dengan menggeser ke atas di layar cerita. Hal ini akan muncul daftar pengguna yang telah melihat cerita beserta nama pengguna mereka.

7. Bisakah saya membatasi siapa yang dapat melihat cerita saya?

Ya, pengguna dapat membatasi siapa yang dapat melihat cerita mereka dengan menggunakan fitur Pengaturan Privasi. Dalam pengaturan ini, pengguna dapat memilih untuk membagikan cerita hanya dengan pengikut mereka atau memilih orang-orang tertentu yang ingin mereka batasi untuk melihat cerita.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, navigasi pada Instagram Story adalah fitur penting yang memungkinkan pengguna untuk berpindah antara konten, melihat cerita pengguna lain, dan mengakses fitur-fitur tambahan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, navigasi pada Instagram Story menawarkan banyak manfaat yang membuat pengguna dapat menikmati pengalaman yang lebih interaktif dan kreatif.

BACA JUGA  Bagi Bagi Akun Instagram: Apakah Layak Dicoba?

Jadi, jika kamu belum mencoba navigasi pada Instagram Story, saatnya untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Bergabunglah dengan jutaan pengguna lainnya dan jelajahi dunia Instagram Story dengan berbagai fitur yang menarik.

Disclaimer: Konten artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak ada jaminan bahwa penggunaan navigasi pada Instagram Story akan memberikan hasil yang diinginkan. Setiap keputusan untuk menggunakan fitur Instagram Story adalah tanggung jawab pengguna.

Leave a Comment