Ukuran Story Instagram: Pentingnya Mengetahui Ukuran yang Tepat

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Story Instagram merupakan fitur populer yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen sehari-hari dalam bentuk gambar atau video secara sementara. Dalam story, pengguna dapat mengunggah konten yang terlihat selama 24 jam sebelum menghilang. Namun, ketika mengunggah story, penting untuk memperhatikan ukuran yang tepat agar konten terlihat dengan baik dan tidak terpotong atau terdistorsi. Artikel ini akan menjelaskan mengenai ukuran story Instagram yang perlu Anda ketahui.

1. Ukuran Horizontal (Landscape) Story

Jenis Story Ukuran (Piksel) Ukuran (Rasio)
Foto Landscape 1080 x 1920 9:16
Video Landscape 1080 x 1920 9:16

Pada ukuran horizontal atau landscape, Anda perlu menggunakan ukuran 1080 x 1920 piksel dengan rasio 9:16. Pastikan konten Anda tidak terlalu panjang agar tidak terpotong saat ditampilkan di story Instagram. Ukuran yang tepat akan memastikan konten Anda terlihat baik dan profesional.

2. Ukuran Vertikal (Portrait) Story

Jenis Story Ukuran (Piksel) Ukuran (Rasio)
Foto Portrait 1080 x 1350 4:5
Video Portrait 1080 x 1350 4:5

Pada ukuran vertikal atau portrait, Anda perlu menggunakan ukuran 1080 x 1350 piksel dengan rasio 4:5. Gunakan ukuran yang tepat agar konten Anda tidak terpotong atau terdistorsi saat dilihat oleh pengguna. Ukuran yang benar akan menjamin tampilan Anda terlihat penuh dan menarik.

3. Ukuran Kotak (Square) Story

Jenis Story Ukuran (Piksel) Ukuran (Rasio)
Foto Square 1080 x 1080 1:1
Video Square 1080 x 1080 1:1

Jika Anda ingin mengunggah konten dengan ukuran kotak, gunakan ukuran 1080 x 1080 piksel dengan rasio 1:1. Ukuran yang tepat akan memungkinkan konten Anda terlihat penuh dan tidak terpotong saat ditampilkan di story Instagram.

4. Ukuran Carousel Story

Jika Anda ingin mengunggah beberapa foto atau video dalam satu story, sebaiknya gunakan ukuran yang sesuai dengan jenis konten tersebut. Ketika Anda membuat carousel story, pastikan setiap foto atau video memiliki ukuran yang konsisten agar tampilannya terlihat rapi dan profesional.

BACA JUGA  Cara Agar Orang Tidak Bisa Mengirim Pesan di Instagram

5. Ukuran File dan Format yang Didukung

Jenis File Format Ukuran Maksimal (Foto) Durasi Maksimal (Video)
Foto JPG atau PNG 30 MB
Video MP4 atau MOV 15 detik

Instagram mendukung file foto dalam format JPG atau PNG dengan ukuran maksimal 30 MB. Untuk video, Instagram mendukung format MP4 atau MOV dengan durasi maksimal 15 detik. Pastikan file yang Anda unggah sesuai dengan format dan ukuran yang ditentukan agar dapat terlihat dengan baik di story Instagram.

Kelebihan Ukuran Story Instagram

1. Konten Lebih Menarik dengan Ukuran yang Tepat

:star: Dengan menggunakan ukuran yang tepat, konten Anda akan terlihat lebih baik dan menarik di story Instagram. Ukuran yang benar akan menjaga tampilan konten Anda agar tidak terdistorsi atau terpotong. Hal ini akan mempengaruhi kesan visual yang diberikan kepada penonton Anda.

2. Memperkuat Branding dan Identitas Visual

:star: Dengan memperhatikan ukuran yang tepat, Anda dapat memperkuat branding dan identitas visual bisnis Anda. Konten yang terlihat konsisten dan profesional akan membantu meningkatkan kesan positif terhadap merek atau produk yang Anda promosikan.

3. Meningkatkan Engagement dengan Penonton

:star: Ukuran story yang tepat dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada penonton. Dengan konten yang terlihat penuh dan menarik, penonton akan lebih tertarik untuk melihat dan berinteraksi dengan story Anda. Hal ini dapat meningkatkan tingkat engagement dan interaksi dengan penonton Anda.

4. Memperluas Jangkauan Konten

:star: Dengan menggunakan ukuran yang tepat, konten Anda akan terlihat lebih baik di layar pengguna yang berbeda. Ini penting karena banyak pengguna Instagram menggunakan perangkat dengan berbagai ukuran layar. Dengan memperhatikan ukuran yang tepat, Anda dapat memastikan konten Anda terlihat dengan baik di berbagai perangkat.

BACA JUGA  Cara Memperbanyak Followers Instagram Otomatis

5. Memudahkan Penyuntingan dan Desain

:star: Dengan mengetahui ukuran yang tepat, Anda dapat memudahkan proses penyuntingan dan desain konten. Anda dapat menyesuaikan gambar atau video dengan ukuran yang diinginkan secara lebih efisien. Hal ini akan menghemat waktu dan usaha dalam membuat konten Instagram yang menarik.

6. Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna

:star: Menggunakan ukuran yang tepat akan memastikan pengalaman pengguna yang optimal saat melihat story Instagram Anda. Penonton akan mendapatkan tampilan yang baik dan tidak mengalami kesulitan saat melihat konten Anda. Dengan demikian, mereka akan lebih tertarik dan puas dengan konten Anda.

7. Menyampaikan Pesan dengan Lebih Efektif

:star: Ukuran yang benar akan membantu Anda menyampaikan pesan dengan lebih efektif. Konten yang terlihat lengkap dan profesional akan memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan kepada penonton. Dengan demikian, Anda dapat mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan.

Kesimpulan

Dalam era digital saat ini, Instagram menjadi platform penting untuk berbagi konten dan memperluas jangkauan bisnis atau merek Anda. Dengan memahami ukuran story Instagram yang tepat, Anda dapat memastikan konten Anda terlihat baik dan menarik di mata pengguna. Pastikan untuk menggunakan ukuran yang sesuai dengan orientasi konten Anda, menggunakan format yang didukung, serta memperhatikan konsistensi dalam carousel story. Dengan melakukannya, Anda dapat meningkatkan engagement, memperkuat branding, dan menyampaikan pesan dengan lebih efektif kepada penonton Anda.

FAQ

1. Apakah saya dapat mengunggah foto atau video dengan ukuran yang berbeda?

Tentu saja, namun Anda perlu mempertimbangkan bahwa ukuran yang tidak sesuai dapat menyebabkan konten terpotong atau terdistorsi.

2. Apakah saya dapat mengedit ukuran foto atau video setelah mengunggahnya ke story Instagram?

Anda tidak dapat mengedit ukuran foto atau video langsung di dalam aplikasi Instagram. Sebaiknya Anda menggunakan aplikasi pengeditan foto atau video untuk meresize konten sebelum mengunggahnya.

BACA JUGA  Cara Membuat GIF Sendiri di Instagram

3. Apakah ada aplikasi yang direkomendasikan untuk meresize foto atau video?

Ada banyak aplikasi pengeditan foto dan video yang dapat Anda gunakan, seperti Adobe Photoshop, Canva, atau InShot.

4. Apakah saya perlu mengunggah foto atau video dengan kualitas tinggi?

Disarankan untuk mengunggah konten dengan kualitas tinggi agar terlihat baik saat ditampilkan di story Instagram.

5. Apakah ada alat bantu atau plugin yang dapat memeriksa ukuran file foto atau video saya?

Ya, ada banyak alat bantu online yang dapat membantu Anda memeriksa ukuran file foto atau video, seperti tinypng.com atau iloveimg.com.

6. Apakah saya dapat menggunakan foto atau video dalam format GIF di story Instagram?

Sayangnya, Instagram tidak mendukung penggunaan foto atau video dalam format GIF di story. Namun, Anda dapat mengonversi GIF menjadi video dan mengunggahnya sebagai video story.

7. Apakah saya perlu memperhatikan ukuran file foto atau video?

Ya, pastikan ukuran file foto atau video Anda tidak melebihi batas yang ditetapkan oleh Instagram agar dapat mengunggahnya dengan sukses.

Kata Penutup

Menggunakan ukuran yang tepat dalam unggahan story Instagram sangat penting untuk memastikan konten Anda terlihat dengan baik dan profesional. Dengan memperhatikan ukuran horizontal, vertikal, kotak, dan carousel, Anda dapat mengoptimalkan tampilan konten Anda di berbagai perangkat. Selain itu, pastikan menggunakan format file yang didukung dan mempertimbangkan kualitas konten Anda. Dengan berfokus pada ukuran yang tepat, Anda dapat meningkatkan engagement, memperkuat branding, dan mencapai kesuksesan dalam strategi pemasaran Instagram Anda.

Leave a Comment