Kenapa Instagram Tidak Bisa Follow Orang Lain

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Instagram adalah salah satu platform media sosial terpopuler di dunia saat ini. Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, Instagram menjadi tempat yang ideal bagi pengguna yang ingin berbagi momen dan konten kreatif. Namun, tidak jarang pengguna menghadapi masalah ketika mencoba mengikuti akun orang lain di Instagram. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa alasan mengapa Instagram tidak bisa follow orang lain dan solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Masalah ketika tidak bisa mengikuti akun orang lain di Instagram dapat sangat menjengkelkan dan membatasi interaksi dengan pengguna lain. Beberapa pengguna mengalami kendala ini dalam waktu yang singkat sementara yang lain mungkin menghadapinya dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai persoalan ini, mari kita lihat beberapa alasan umum yang menjadi penyebab Instagram tidak bisa follow orang lain.

1. Pembatasan harian 🔒

Salah satu alasan mengapa Anda tidak bisa mengikuti akun orang lain di Instagram adalah karena ada batasan harian pada tindakan pengikut. Hal ini dilakukan untuk melindungi pengguna dari penyalahgunaan dan tindakan berlebihan, seperti spam atau penggunaan akun palsu. Instagram menerapkan batasan jumlah pengguna yang dapat Anda ikuti dalam satu hari sehingga Anda tidak dapat mengikuti terlalu banyak akun secara bersamaan. Jika Anda telah mencapai batas harian, maka Anda akan diberikan pesan kesalahan saat mencoba mengikuti akun baru.

2. Pembatasan pada jumlah total pengikut ⚠️

Instagram juga memiliki batasan pada jumlah total pengikut yang dapat Anda miliki. Jika Anda telah mencapai batas ini, Anda tidak akan dapat mengikuti akun lain sampai jumlah pengikut Anda berkurang. Ini mungkin terjadi jika Anda telah mencapai batas maksimum pengikut Instagram, yang saat ini adalah 7500 orang. Dalam situasi ini, Anda harus mempertimbangkan untuk mengevaluasi akun Anda dan mungkin menghapus pengikut yang tidak aktif atau tidak relevan untuk membuat ruang bagi pengikut baru.

3. Tindakan terlalu cepat

Instagram mengawasi aktivitas pengguna dengan cermat dan menerapkan pembatasan pada tindakan yang terlalu cepat. Jika Anda mencoba mengikuti akun terlalu cepat dalam waktu singkat, Instagram akan mengira Anda sebagai bot atau pengguna yang melanggar peraturan. Dengan demikian, Instagram bisa melarang Anda dari mengikuti akun lain sementara waktu. Jadi, pastikan untuk memberikan jeda yang wajar antara setiap tindakan mengikuti akun agar tidak dicurigai oleh algoritma Instagram.

BACA JUGA  Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Story Instagram

4. Pengaturan privasi akun 🔐

Selain alasan teknis, masalah tidak bisa mengikuti akun juga dapat terkait dengan pengaturan privasi akun pengguna yang Anda coba ikuti. Jika pengguna tersebut telah mengatur akun mereka sebagai akun pribadi, mereka harus menyetujui permintaan Anda sebelum Anda dapat mengikuti mereka. Jika permintaan Anda masih tertunda atau ditolak, Anda tidak dapat mengikuti akun tersebut.

5. Koneksi internet yang buruk 📶

Koneksi internet yang buruk atau instabilitas jaringan juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengikuti akun orang lain di Instagram. Dalam situasi seperti ini, Anda mungkin akan melihat pesan kesalahan atau tindakan menjadi lambat. Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil dan beralih ke Wi-Fi yang lebih baik jika mengalami masalah saat mengikuti akun.

6. Kesalahan teknis pada aplikasi 🤔

Instagram adalah aplikasi yang kompleks, dan kadang-kadang bisa muncul kesalahan teknis yang menyebabkan masalah dalam mengikuti akun orang lain. Kesalahan mungkin terjadi dalam berbagai versi aplikasi dan bisa berbeda-beda pada setiap pengguna. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa solusi umum seperti memperbarui aplikasi, membersihkan cache, atau menghapus dan menginstal kembali aplikasi Instagram.

7. Akun dibatasi atau dihapus 🚫

Terakhir, alasan paling ekstrem mengapa Anda tidak dapat mengikuti akun orang lain di Instagram adalah karena akun tersebut telah dibatasi atau dihapus oleh Instagram. Instagram memberlakukan aturan ketat dan tindakan penegakan kebijakan komunitas untuk melindungi pengguna dari perilaku yang melanggar. Jika pengguna melanggar aturan secara serius, Instagram dapat memblokir, membatasi, atau menghapus akun mereka tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika Anda mencoba mengikuti akun yang tidak tersedia lagi, maka Anda tidak akan bisa melakukannya.

Alasan Solusi
Pembatasan harian Tunggu hingga 24 jam sebelum mencoba mengikuti akun lain lagi
Pembatasan jumlah total pengikut Hapus pengikut yang tidak aktif atau tidak relevan untuk memberikan ruang bagi pengikut baru
Tindakan terlalu cepat Berikan jeda yang wajar antara setiap tindakan mengikuti akun
Pengaturan privasi akun Tunggu hingga permintaan Anda disetujui atau coba mengirim pesan kepada pengguna untuk menjelaskan niat Anda
Koneksi internet yang buruk Pastikan menggunakan koneksi internet yang stabil atau beralih ke Wi-Fi yang lebih baik
Kesalahan teknis pada aplikasi Perbarui aplikasi, bersihkan cache, atau instal ulang aplikasi Instagram
Akun dibatasi atau dihapus Coba menghubungi Instagram untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut
BACA JUGA  Cara Menghilangkan Last Seen di Instagram

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah batasan jumlah pengikut hanya berlaku untuk akun bisnis?

Tidak, batasan jumlah pengikut berlaku untuk semua akun di Instagram, baik itu akun pribadi atau bisnis.

2. Berapa lama waktu yang harus saya tunggu jika telah mencapai batasan harian?

Anda harus menunggu selama 24 jam sebelum mencoba mengikuti akun lain setelah mencapai batasan harian.

3. Apakah ada batasan jumlah pengguna yang dapat saya ikuti?

Instagram tidak memberikan batasan jumlah pengguna yang dapat Anda ikuti. Namun, mereka menerapkan batasan jumlah total pengikut yang dapat Anda miliki.

4. Apakah batasan jumlah total pengikut berbeda untuk akun terverifikasi?

Tidak, batasan jumlah total pengikut sama untuk semua akun, termasuk akun terverifikasi.

5. Mengapa saya tidak bisa mengikuti akun pribadi yang sudah mengirim permintaan?

Jika permintaan Anda tidak disetujui oleh pemilik akun, Anda tidak akan dapat mengikuti akun tersebut.

6. Bagaimana cara menghapus pengikut yang tidak aktif?

Anda dapat menghapus pengikut yang tidak aktif dengan pergi ke profil mereka, mengklik tombol “Pengikut”, dan memilih “Hapus”

7. Apakah ada batasan waktu sebelum bisa mengirim permintaan mengikuti lagi jika ditolak oleh pengguna?

Tidak ada batasan waktu tertentu sebelum Anda dapat mengirim permintaan mengikuti lagi setelah ditolak oleh pengguna.

8. Mengapa saya tidak bisa mengikuti akun meskipun menggunakan koneksi Wi-Fi yang stabil?

Mungkin terdapat masalah lain dengan akun Anda atau ada pembatasan yang berlaku untuk akun tertentu yang sedang Anda coba ikuti.

9. Bagaimana cara memperbarui aplikasi Instagram?

Anda dapat memperbarui aplikasi Instagram melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).

BACA JUGA  Cara Edit Komen di Instagram untuk Meningkatkan Interaksi dengan Pengguna Lainnya

10. Mengapa saya masih tidak bisa mengikuti akun setelah mencoba semua solusi yang disarankan?

Jika masalah tetap terjadi setelah mencoba semua solusi yang disarankan, Anda dapat menghubungi tim dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

11. Apakah Instagram memberi tahu jika akun dibatasi atau dihapus?

Tidak, Instagram tidak memberi tahu pengguna jika akun mereka dibatasi atau dihapus.

12. Bagaimana cara menghubungi Instagram untuk mendapatkan klarifikasi?

Anda bisa menghubungi Instagram melalui menu Pengaturan aplikasi atau melalui halaman Bantuan di situs web resmi Instagram.

13. Apakah mungkin untuk mengaktifkan kembali akun yang dihapus oleh Instagram?

Tergantung pada tingkat pelanggaran, mungkin memungkinkan untuk mengajukan permohonan untuk mengaktifkan kembali akun yang dihapus oleh Instagram.

Kesimpulan

Mengapa Instagram tidak bisa follow orang lain bisa disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari pembatasan harian dan jumlah total pengikut, tindakan terlalu cepat, pengaturan privasi akun, koneksi internet yang buruk, hingga kesalahan teknis pada aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba berbagai solusi seperti menunggu waktu yang tepat, membersihkan akun dari pengikut tidak aktif, dan menggunakan koneksi internet yang stabil. Jika semua upaya tersebut gagal, Anda dapat menghubungi Instagram untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Jika Anda ingin terus menjelajahi dan terlibat dengan konten dan pengguna di Instagram, penting untuk memahami batasan dan aturan yang diterapkan oleh platform tersebut. Dengan memahami solusi yang ada, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman Anda menggunakan Instagram dan menjaga interaksi yang sehat dengan pengguna lain.

Semoga artikel ini memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang mengapa Instagram tidak bisa follow orang lain dan bagaimana cara mengatasinya. Selamat menjelajahi dunia Instagram dengan lancar dan menyenangkan!

Disclaimer: Informasi yang tertera dalam artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dijamin akurat atau terkini. Perhatikan bahwa kebijakan dan fitur di Instagram dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi terbaru, silakan kunjungi situs web resmi Instagram.

Leave a Comment