Cara Save Story IG: Simpan Moment-Moment Terbaik dalam Sekejap

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Mari kita akui bahwa Instagram (IG) telah menjadi platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna internet saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, IG telah menjadi tempat bagi orang-orang untuk berbagi momen dan aktivitas mereka melalui gambar dan video. Salah satu fitur terpopuler di IG adalah Story, di mana pengguna dapat membagikan foto dan video secara singkat dalam waktu 24 jam sebelum menghilang. Namun, seringkali kita ingin menyimpan story IG orang lain sebagai kenang-kenangan pribadi. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menyimpan story IG:

1. Menggunakan Screenshot 📷

Metode pertama dan paling sederhana untuk menyimpan story IG adalah dengan menggunakan fitur screenshot atau tangkapan layar pada smartphone Anda. Cukup buka story yang ingin disimpan, lalu tekan kombinasi tombol screenshot di perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa pengguna lain akan mendapatkan notifikasi jika Anda mengambil screenshot pada story mereka. Jadi, metode ini tidak selalu dapat dilakukan secara diam-diam.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga 🎮

Jika Anda ingin menyimpan story IG secara lebih rahasia tanpa memberikan notifikasi kepada pengguna lain, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di toko aplikasi yang dapat membantu Anda menyimpan story IG dengan mudah. Salah satu aplikasi populer adalah “Story Saver for Instagram”. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, Anda dapat mengakses story IG pengguna lain dan menyimpannya langsung ke perangkat Anda tanpa diketahui oleh pengguna lain. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang aman dan terpercaya.

3. Menggunakan Fitur “Archive” di IG 💿

Instagram telah menyediakan fitur “Archive” yang memungkinkan Anda menyimpan story IG sendiri atau story IG pengguna lain ke dalam arsip pribadi Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengakses kembali story IG tersebut kapan saja yang Anda inginkan. Caranya sangat mudah, buka story IG yang ingin disimpan, lalu ketuk opsi “Archive” yang biasanya berada di sudut kanan bawah layar. Story tersebut akan otomatis disimpan ke dalam arsip Anda dan tidak akan terlihat oleh orang lain kecuali Anda sendiri.

4. Menggunakan Fitur “Highlights” di IG 🔖

Jika Anda ingin menyimpan story IG dalam jangka waktu yang lebih lama dan ingin agar story tersebut dapat dilihat oleh orang lain, Anda dapat menggunakan fitur “Highlights”. Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan story-story terbaik Anda dalam bentuk highlight yang akan ditampilkan di profil IG Anda. Caranya sangat mudah, buka story IG yang ingin disimpan, lalu ketuk opsi “Highlight” yang biasanya berada di sudut kanan bawah layar. Anda dapat membuat highlight baru atau menambahkan story ke highlight yang sudah ada.

BACA JUGA  Kenapa Instagram Tidak Bisa Live?

5. Menggunakan Fitur “Save” di IG 💾

Instagram juga menyertakan fitur “Save” yang memungkinkan Anda menyimpan post, termasuk story IG, ke dalam koleksi pribadi Anda. Caranya sangat mudah, buka story IG yang ingin disimpan, lalu ketuk opsi “Save” yang biasanya berada di sudut kanan bawah layar. Story tersebut akan otomatis disimpan di bagian “Saved” di profil Anda, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

6. Mengunduh Story IG Melalui Link 🔥

Selain menggunakan screenshot atau aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat mengunduh story IG dengan menggunakan link. Caranya, buka IG melalui browser di perangkat Anda, lalu temukan story IG yang ingin diunduh. Salin alamat URL story tersebut dan buka situs web “Instagram Story Downloader”. Tempelkan URL story pada situs tersebut, lalu klik tombol “Download”. Story IG akan diunduh dan tersimpan di perangkat Anda dalam format video atau gambar, tergantung pada kontennya.

7. Menggunakan Fitur “Story Archive” di IG 🔎

Terakhir, kita juga dapat menggunakan fitur “Story Archive” yang disediakan oleh Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan story IG dalam jangka waktu yang tidak terbatas, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja di masa depan. Caranya sangat mudah, buka story IG yang ingin disimpan, lalu ketuk opsi “Archive” yang biasanya berada di sudut kanan bawah layar. Story tersebut akan secara otomatis disimpan di “Story Archive” dan tidak akan hilang setelah 24 jam seperti biasanya.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Save Story IG

Kelebihan:

1. Mudah dilakukan dan tidak memerlukan keahlian teknis khusus.

2. Terdapat berbagai pilihan metode, sehingga sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna.

3. Bisa menyimpan story IG pengguna lain dan milik sendiri secara rahasia.

4. Memungkinkan pengguna untuk mengakses kembali dan menikmati kembali momen yang telah terjadi.

5. Fitur “Archive” dan “Highlights” memungkinkan pengguna untuk menampilkan kembali story IG secara estetis di profil mereka.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Mengetahui Orang yang Stalking Instagram Kita?

6. Bisa menyimpan story IG dalam bentuk gambar atau video, tergantung pada preferensi pengguna.

7. Dapat digunakan di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, atau komputer.

Kekurangan:

1. Beberapa metode seperti screenshot atau aplikasi pihak ketiga memberikan notifikasi kepada pengguna lain.

2. Metode screenshot tidak ideal untuk menyimpan story IG dalam jumlah besar karena memerlukan waktu dan usaha yang lebih banyak.

3. Penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat meningkatkan risiko keamanan dan privasi jika tidak dipilih dengan hati-hati.

4. Fitur “Save” dan “Archive” hanya berlaku untuk story IG milik sendiri atau jika pengguna yang bersangkutan memberikan izin.

5. Mengunduh story IG melalui link mungkin tidak selalu berhasil jika pengguna yang bersangkutan telah mengatur privasi story hanya untuk teman-teman terdekat.

6. Fitur “Story Archive” hanya tersedia bagi pengguna yang memiliki akun bisnis atau akun yang sudah diverifikasi.

7. Tidak semua metode mendukung semua versi perangkat, sehingga pengguna perlu memastikan perangkat mereka kompatibel dengan metode yang mereka gunakan.

Tabel: Informasi Lengkap tentang Cara Save Story IG

No Metode Deskripsi
1 Screenshot Menggunakan fitur screenshot pada smartphone untuk menyimpan story IG.
2 Aplikasi Pihak Ketiga Menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh di toko aplikasi untuk menyimpan story IG dengan lebih rahasia.
3 Fitur “Archive” di IG Menggunakan fitur “Archive” di Instagram untuk menyimpan story IG sendiri atau story IG pengguna lain ke dalam arsip pribadi.
4 Fitur “Highlights” di IG Menggunakan fitur “Highlights” di Instagram untuk menyimpan story IG dalam jangka waktu yang lebih lama dan dapat dilihat oleh orang lain.
5 Fitur “Save” di IG Menggunakan fitur “Save” di Instagram untuk menyimpan story IG ke dalam koleksi pribadi.
6 Mengunduh Story IG Melalui Link Mengunduh story IG dengan menggunakan link melalui situs web “Instagram Story Downloader”.
7 Fitur “Story Archive” di IG Menggunakan fitur “Story Archive” di Instagram untuk menyimpan story IG dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

FAQ (Frequently Asked Questions):

1. Apakah saya perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan story IG?

Tidak. Anda dapat menggunakan metode lain seperti screenshot atau fitur yang disediakan oleh Instagram sendiri.

2. Apakah story IG yang saya simpan melalui metode ini akan diketahui oleh pengguna lain?

Tergantung pada metode yang Anda gunakan. Beberapa metode seperti screenshot atau aplikasi pihak ketiga memberikan notifikasi kepada pengguna lain.

BACA JUGA  Abu Azrael Instagram: Profil, Kelebihan, Kekurangan, dan Kesimpulan

3. Apakah saya dapat mengunduh story IG orang lain tanpa izin mereka?

Tidak. Sebaiknya selalu meminta izin pengguna sebelum menyimpan atau mengunduh story IG mereka.

4. Dapatkah saya menyimpan story IG dalam bentuk video atau gambar?

Ya, Anda dapat menyimpan story IG dalam bentuk video atau gambar, tergantung pada kontennya.

5. Apakah setiap metode dapat digunakan di semua jenis perangkat?

Tidak. Beberapa metode mungkin tidak kompatibel dengan semua versi perangkat, jadi pastikan perangkat Anda mendukung metode yang ingin Anda gunakan.

6. Apakah semua versi IG memiliki fitur “Archive” dan “Highlights”?

Tidak. Fitur “Archive” dan “Highlights” hanya tersedia bagi pengguna yang memiliki akun bisnis atau akun yang sudah diverifikasi.

7. Bisakah saya mengakses story IG yang telah diarsipkan di masa lalu?

Ya, Anda dapat mengakses kembali story IG yang telah diarsipkan kapan saja sesuai keinginan Anda.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kita telah mengetahui beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyimpan story Instagram dengan mudah. Metode-metode ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menyimpan momen-momen penting dari story IG pengguna lain atau milik sendiri. Dari metode sederhana seperti screenshot hingga fitur yang disediakan oleh Instagram, setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penting untuk diingat bahwa menghargai privasi dan keamanan pengguna lain adalah prioritas utama. Pastikan untuk mendapatkan izin dari pengguna sebelum menyimpan, mengunduh, atau membagikan story IG mereka. Dengan memanfaatkan metode yang tepat, kita dapat menyimpan momen-momen berharga dan mengaksesnya kapan saja kita inginkan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera coba cara-cara tersebut agar Anda dapat menyimpan story IG favorit Anda dan mengingat momen-momen indah dalam sekejap. Nikmati semua momen spesial yang ada di Instagram dengan cara yang aman, mudah, dan berfokus pada penghormatan privasi pengguna lain.

Disclaimer: Artikel ini hanya memberikan informasi tentang metode yang ada untuk menyimpan story IG dan tidak bertujuan untuk mendorong tindakan yang melanggar privasi atau aturan Instagram. Pastikan untuk selalu mematuhi kebijakan dan pedoman yang ditetapkan oleh Instagram dalam penggunaan platform mereka.

Leave a Comment