Cara Save Foto dari DM IG Secara Mudah dan Cepat

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Menggunakan media sosial seperti Instagram (IG) memang sangat menyenangkan. Tidak hanya dapat berbagi momen dengan mudah, tetapi juga dapat berinteraksi dengan teman-teman di dalamnya. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh IG adalah Direct Message (DM), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dan foto secara pribadi kepada seseorang. Namun, sering kali kita ingin menyimpan foto-foto tersebut ke galeri ponsel kita. Lalu, bagaimana cara save foto dari DM IG? Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti.

1. Buka Aplikasi Instagram dan Akses DM

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram di ponsel Anda dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, akses fitur DM dengan mengklik ikon pesan di bagian kanan bawah layar.

2. Pilih DM dengan Foto yang Ingin Anda Simpan

Langkah berikutnya adalah memilih DM yang berisi foto yang ingin Anda simpan. Gulir ke atas atau ke bawah pada daftar DM Anda, atau gunakan fitur pencarian jika Anda tahu siapa yang mengirim DM tersebut.

3. Buka Foto yang Ingin Anda Simpan

Setelah menemukan DM yang berisi foto yang ingin Anda simpan, ketuk atau klik DM tersebut untuk membukanya secara penuh. Foto tersebut akan muncul di layar ponsel Anda.

4. Screenshot Foto dengan Tombol Khusus

Untuk menyimpan foto dari DM IG, Anda dapat menggunakan fitur screenshot pada ponsel Anda. Umumnya, tombol yang digunakan untuk melakukan screenshot adalah volume down + tombol power pada ponsel Android, atau tombol home + tombol power pada ponsel iPhone.

5. Cari Folder Screenshot di Galeri Ponsel Anda

Setelah melakukan screenshot, foto tersebut akan otomatis disimpan ke folder Screenshot di galeri ponsel Anda. Biasanya, folder ini dapat ditemukan di aplikasi galeri atau file manager pada ponsel Anda.

6. Edit dan Simpan Foto dalam Format yang Diinginkan

Setelah menemukan foto tersebut di folder Screenshot, Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi editing foto bawaan ponsel atau aplikasi pihak ketiga. Setelah selesai mengedit, Anda dapat menyimpannya dalam format yang diinginkan, seperti .jpg atau .png.

BACA JUGA  Nama Efek Instagram yang Lagi Hits 2020 yang Ada Lagunya

7. Jangan Melupakan Etika dan Privasi

Saat menyimpan dan menggunakan foto yang dikirim melalui DM IG, penting untuk tetap menghormati etika dan privasi orang lain. Jangan menyebarkan foto tanpa izin dari pemiliknya dan hindari penggunaan yang tidak pantas atau melanggar hukum.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Save Foto dari DM IG

Kelebihan

1. Mudah dilakukan: Proses menyimpan foto dari DM IG sangatlah mudah, hanya dengan melakukan screenshot pada ponsel Anda.

2. Tersedia tanpa perlu aplikasi tambahan: Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga atau ekstensi browser tambahan untuk dapat menyimpan foto dari DM IG.

3. Tepat untuk pengguna yang jarang mengirim foto: Fitur save foto dari DM IG yang sederhana sangat cocok digunakan oleh pengguna yang hanya sesekali menerima atau mengirim foto melalui DM.

4. Cepat dan langsung tersimpan di galeri: Setelah melakukan screenshot, foto yang ingin disimpan langsung tersimpan di galeri ponsel Anda.

5. Tidak memerlukan banyak langkah: Proses save foto dari DM IG dapat dilakukan hanya dengan beberapa langkah saja, sehingga sangat efisien.

6. Tidak membutuhkan koneksi internet: Anda dapat menyimpan foto dari DM IG tanpa perlu terhubung ke internet, karena prosesnya dilakukan langsung di ponsel Anda.

7. Mendukung berbagai jenis ponsel dan sistem operasi: Metode save foto dari DM IG dapat digunakan pada berbagai jenis ponsel dan sistem operasi, baik Android maupun iOS.

Kekurangan

1. Tidak dapat menyimpan video: Metode save foto dari DM IG hanya berlaku untuk foto, tidak berlaku untuk video yang diirim melalui DM.

2. Kualitas foto mungkin berkurang: Terkadang, saat melakukan screenshot, kualitas foto yang disimpan dapat mengalami penurunan.

BACA JUGA  Kenapa Akun Instagram Dinonaktifkan?

3. Memerlukan sedikit editing tambahan: Setelah menyimpan foto dari DM IG, Anda mungkin perlu melakukan sedikit editing tambahan untuk mendapatkan tampilan foto yang lebih baik.

4. Foto tidak disimpan dalam format aslinya: Foto yang disimpan melalui screenshot tidak disimpan dalam format aslinya, melainkan dalam format .png atau .jpg.

5. Potensi kehilangan data foto: Jika Anda tidak melakukan backup secara teratur, ada risiko kehilangan data foto jika terjadi kerusakan atau kehilangan ponsel.

6. Keterbatasan fitur: Metode save foto dari DM IG hanya berlaku untuk foto yang dikirim melalui DM, tidak berlaku untuk foto yang ada di feed atau foto yang diunggah ke IG Story.

7. Privasi dapat terganggu: Saat melakukan screenshot, pemilik foto akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda telah menyimpan fotonya, yang dapat mengganggu privasi dan membuat pengirim tidak nyaman.

Tabel Informasi Cara Save Foto dari DM IG

Langkah Deskripsi
1 Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda dan masuk ke akun Anda
2 Akses fitur Direct Message (DM) dengan mengklik ikon pesan di bagian kanan bawah layar
3 Pilih DM yang berisi foto yang ingin Anda simpan
4 Ketuk atau klik DM tersebut untuk membukanya secara penuh
5 Lakukan screenshot pada ponsel Anda untuk menyimpan foto
6 Cari folder Screenshot di galeri ponsel Anda
7 Edit dan simpan foto sesuai format yang diinginkan

FAQ tentang Cara Save Foto dari DM IG

1. Apakah ada cara lain untuk menyimpan foto dari DM IG selain dengan screenshot?

Tidak, saat ini cara yang paling umum dan mudah dilakukan untuk menyimpan foto dari DM IG adalah dengan menggunakan fitur screenshot pada ponsel.

2. Apakah fitur save foto dari DM IG dapat digunakan di semua jenis ponsel?

Ya, fitur save foto dari DM IG dapat digunakan di berbagai jenis ponsel, termasuk Android dan iPhone.

BACA JUGA  Cara Deactive IG Sementara: Panduan Lengkap

3. Apakah foto yang disimpan dari DM IG akan mendapat notifikasi untuk pengirimnya?

Tidak, orang yang mengirim foto melalui DM IG tidak akan mendapatkan notifikasi jika Anda melakukan screenshot dan menyimpan fotonya.

4. Bagaimana jika kualitas foto yang saya simpan tidak baik?

Jika kualitas foto yang Anda simpan melalui screenshot tidak baik, Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi editing foto untuk memperbaiki tampilannya.

5. Apakah saya dapat menyimpan video yang dikirim melalui DM IG?

Tidak, metode save foto dari DM IG hanya berlaku untuk foto, tidak berlaku untuk video.

6. Apakah metode save foto dari DM IG legal?

Ya, metode save foto dari DM IG adalah legal, asalkan Anda menggunakannya sesuai dengan hukum dan privasi orang lain.

7. Apakah cara ini dapat digunakan untuk menyimpan foto di IG Story?

Tidak, cara save foto dari DM IG hanya berlaku untuk foto yang dikirim melalui DM, tidak berlaku untuk foto di IG Story.

Kesimpulan

Save foto dari DM IG dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa langkah sederhana. Metode ini dapat digunakan untuk menyimpan foto-foto yang dikirim melalui DM IG tanpa perlu aplikasi tambahan. Meskipun memiliki kelebihan seperti kemudahan dan kecepatan, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti kualitas foto yang mungkin berkurang dan keterbatasan fitur. Penting untuk tetap menghormati etika dan privasi orang lain saat menggunakan fitur ini. Dalam kesimpulan kami, kami mendorong Anda untuk menggunakan metode ini dengan bertanggung jawab dan memperhatikan privasi orang lain.

Disclaimer: Artikel ini disusun berdasarkan penelusuran dan pengetahuan kami saat ini. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan artikel ini dan segala konsekuensi yang mungkin timbul darinya. Kami juga menyarankan Anda untuk mematuhi kebijakan dan pedoman resmi Instagram dalam penggunaan foto-foto yang disimpan dari DM IG.

Leave a Comment