Cara Merubah Tampilan Termux Seperti Linux

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Saat ini, penggunaan perangkat mobile semakin meluas dan banyak orang yang mengandalkan smartphone dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satu aplikasi yang populer di kalangan pengguna Android adalah Termux, yang merupakan emulator terminal dengan dukungan sistem operasi Linux. Namun, tampilan default dari Termux mungkin tidak sepenuhnya memuaskan bagi beberapa pengguna yang ingin merasakan pengalaman Linux yang lebih autentik. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara merubah tampilan Termux agar terlihat lebih seperti Linux sejati.

1. Mengganti Tema Termux dengan Zsh 📝

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengganti tema Termux dengan aplikasi Zsh. Zsh adalah shell yang didesain untuk menjadi pengganti Bash shell pada sistem operasi Linux. Dengan Zsh, pengguna dapat mengubah tampilan Termux menjadi lebih menarik dan sesuai dengan preferensi pribadi. Untuk menginstall Zsh, pengguna perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Termux dan jalankan perintah berikut untuk menginstallnya:

pkg install zsh

2. Setelah Zsh terinstall, pengguna perlu mengganti shell default dengan Zsh dengan menjalankan perintah berikut:

chsh -s zsh

3. Setelahnya, pengguna perlu mengubah tema Zsh dengan menggunakan Oh My Zsh, yang merupakan framework pengelola tema Zsh. Untuk menginstallnya, jalankan perintah berikut:

sh -c "$(curl -fsSL https://raw.github.com/ohmyzsh/ohmyzsh/master/tools/install.sh)"

2. Mengubah Font pada Termux 💻

Tampilan sebuah sistem operasi atau emulator terminal juga dipengaruhi oleh jenis font yang digunakan. Oleh karena itu, pengguna dapat mengubah font pada Termux untuk memberikan tampilan Linux yang lebih autentik. Cara mengubah font pada Termux sebagai berikut:

1. Buka Termux dan jalankan perintah berikut untuk menginstall aplikasi Termux:Styling:

pkg install termux-api

2. Setelah installasi selesai, jalankan perintah berikut untuk membuka aplikasi Termux:Styling:

termux-style

3. Di dalam aplikasi Termux:Styling, pengguna dapat memilih berbagai macam font yang tersedia dan mengubahnya sesuai dengan preferensi pribadi.

Kelebihan dan Kekurangan Merubah Tampilan Termux Seperti Linux

Kelebihan:

1. Pengalaman Pengguna yang Lebih Autentik: Dengan merubah tampilan Termux agar terlihat lebih seperti Linux, pengguna dapat merasakan pengalaman penggunaan Linux yang lebih autentik dan mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur yang ada pada sistem operasi tersebut.

2. Tampilan yang Lebih Menarik: Tampilan default Termux mungkin terlihat monoton dan membosankan bagi sebagian pengguna. Dengan mengubah tampilan menjadi lebih seperti Linux, pengguna dapat memperoleh tampilan yang lebih menarik dan sesuai dengan preferensi estetikanya.

3. Fleksibilitas dalam Pengaturan: Dengan memperoleh tampilan seperti Linux, pengguna dapat mengatur dan menyesuaikan berbagai aspek yang ada pada Termux sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.

4. Ketersediaan Fitur yang Lebih Lengkap: Merubah tampilan Termux bisa membuka akses terhadap fitur-fitur yang lebih lengkap yang ada pada Linux, sehingga pengguna dapat menjalankan berbagai perintah dan skrip yang tidak tersedia dalam tampilan default Termux.

BACA JUGA  Cara Memilih Kuota yang Ingin Dipakai Terlebih Dahulu

5. Penyediaan Dokumentasi yang Lengkap: Seiring dengan popularitas Termux yang semakin meningkat, terdapat banyak dokumen dan tutorial yang tersedia di internet yang membahas cara merubah tampilan Termux. Pengguna bisa dengan mudah mencari cara mengubah tampilan Termux sesuai dengan preferensi masing-masing.

6. Dukungan Komunitas yang Kuat: Terdapat komunitas pengguna Termux yang aktif di internet yang siap membantu pemula dalam merubah tampilan Termux agar terlihat seperti Linux dan dalam menangani berbagai masalah yang muncul selama proses pengubahan.

7. Peluang Belajar yang Lebih Luas: Dengan merubah tampilan Termux menjadi lebih seperti Linux, pengguna dapat memperluas pengetahuan dan mempelajari lebih lanjut tentang sistem operasi Linux. Hal ini dapat melatih keterampilan teknis dan membuka peluang baru dalam dunia pengembangan.

Kekurangan:

1. Keberhasilan yang Tergantung pada Kemampuan Pengguna: Proses merubah tampilan Termux seperti Linux membutuhkan pemahaman dasar tentang konsep serta perintah-perintah yang digunakan dalam sistem operasi Linux. Pengguna yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang Linux mungkin akan kesulitan dalam mengubah tampilan Termux.

2. Potensi Terjadinya Kesalahan: Merubah tampilan Termux seperti Linux melibatkan serangkaian langkah-langkah yang rumit dan pengguna berpotensi membuat kesalahan. Kesalahan dalam merubah tampilan dapat menyebabkan Termux menjadi tidak berfungsi atau mengalami masalah lainnya.

3. Keterbatasan Fitur Pendukung: Walaupun merubah tampilan Termux dapat memberikan akses ke fitur-fitur lebih lengkap yang ada pada Linux, tetapi tetap terdapat keterbatasan dalam hal penggunaan dan performa. Beberapa fitur mungkin tidak berfungsi penuh atau bahkan tidak dapat digunakan.

4. Perubahan yang Membutuhkan Waktu dan Usaha: Proses merubah tampilan Termux agar terlihat seperti Linux membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Pengguna perlu melakukan riset, mengikuti langkah-langkah dengan cermat, serta mengatasi potensi masalah yang muncul di tengah proses pengubahan.

5. Kerentanan Terhadap Serangan Keamanan: Dalam merubah tampilan Termux agar terlihat seperti Linux, pengguna mungkin akan melakukan beberapa konfigurasi yang dapat membuka celah keamanan. Jika pengguna tidak mendapatkan pengetahuan yang memadai tentang konfigurasi keamanan, Termux dapat menjadi rentan terhadap serangan yang dapat membahayakan data dan privasi pengguna.

6. Keterbatasan Dukungan dari Pengembang Resmi Termux: Merubah tampilan Termux agar terlihat seperti Linux bukanlah penggunaan resmi dan tidak didukung oleh pengembang resmi Termux. Oleh karena itu, pengguna mungkin akan menghadapi keterbatasan dukungan yang ada, termasuk dalam proses pemecahan masalah jika terjadi masalah selama proses pengubahan.

7. Keterbatasan Kesesuaian dengan Perangkat yang Berbeda: Tidak semua perangkat yang mendukung Termux juga mendukung konfigurasi dan penyesuaian yang diperlukan untuk merubah tampilan menjadi lebih seperti Linux. Pengguna mungkin akan mengalami keterbatasan pada tampilan yang dapat dicapai tergantung pada perangkat yang digunakan.

BACA JUGA  Cara Membayar Fidyah Puasa
Tahap Deskripsi
1 Membuka Termux dan menjalankan perintah pkg install zsh untuk menginstall Zsh
2 Menggunakan perintah chsh -s zsh untuk mengganti shell default dengan Zsh
3 Menjalankan perintah sh -c "$(curl -fsSL https://raw.github.com/ohmyzsh/ohmyzsh/master/tools/install.sh)" untuk menginstall framework Oh My Zsh
4 Membuka Termux dan menjalankan perintah pkg install termux-api untuk menginstall Termux:Styling
5 Menjalankan perintah termux-style untuk membuka aplikasi Termux:Styling
6 Memilih font yang diinginkan dalam aplikasi Termux:Styling
7 Mengubah font pada Termux sesuai dengan preferensi pribadi

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apa itu Termux?

Termux adalah aplikasi terminal emulator untuk perangkat Android yang memungkinkan pengguna menjalankan perintah dan skrip yang biasanya digunakan pada sistem operasi Linux.

Bagaimana cara menginstall Termux?

Termux dapat diinstall melalui Google Play Store atau diunduh secara langsung dari situs web resmi Termux.

Apakah Termux dapat digunakan tanpa akses root?

Iya, Termux dapat digunakan tanpa akses root pada perangkat Android. Namun, beberapa fitur khusus mungkin tidak dapat diakses tanpa akses root.

Bagaimana cara mengganti tema Termux?

Anda dapat mengganti tema Termux dengan menginstall aplikasi Zsh dan menggunakan framework pengelola tema Zsh bernama Oh My Zsh.

Apa saja keuntungan merubah tampilan Termux seperti Linux?

Keuntungan merubah tampilan Termux seperti Linux antara lain: pengalaman pengguna yang lebih autentik, tampilan yang lebih menarik, fleksibilitas dalam pengaturan, ketersediaan fitur yang lebih lengkap, dan peluang belajar yang lebih luas.

Apakah merubah tampilan Termux memiliki kekurangan?

Ya, ada beberapa kekurangan merubah tampilan Termux seperti Linux, seperti kebutuhan pengetahuan tentang Linux yang memadai, potensi terjadinya kesalahan, dan keterbatasan dukungan dari pengembang resmi Termux.

Apa saja langkah-langkah untuk mengubah font pada Termux?

Langkah-langkah untuk mengubah font pada Termux antara lain: menginstall aplikasi Termux:Styling, membuka aplikasi Termux:Styling, dan memilih font yang diinginkan.

Apakah merubah tampilan Termux berisiko terhadap keamanan?

Iya, merubah tampilan Termux bisa membuka celah keamanan jika pengguna tidak memahami konfigurasi keamanan. Pengguna harus memperhatikan potensi kerentanan terhadap serangan keamanan saat merubah tampilan Termux.

Apakah merubah tampilan Termux dapat dilakukan di semua perangkat?

Tidak semua perangkat dapat mendukung pengubahan tampilan Termux agar menjadi lebih seperti Linux. Kemampuan pengubahan tampilan dapat terbatas tergantung pada perangkat yang digunakan.

Apakah merubah tampilan Termux membutuhkan waktu yang lama?

Ya, merubah tampilan Termux membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Proses ini melibatkan langkah-langkah yang rumit dan pengguna harus bersedia untuk melakukan riset serta mengatasi potensi masalah yang muncul selama proses pengubahan.

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Uang di Vtube

Apakah merubah tampilan Termux membutuhkan pengetahuan tentang Linux yang lebih lanjut?

Proses merubah tampilan Termux agar terlihat seperti Linux membutuhkan pemahaman dasar tentang konsep dan perintah-perintah yang digunakan dalam sistem operasi Linux.

Apakah merubah tampilan Termux resmi dan didukung oleh pengembang?

Tidak, merubah tampilan Termux agar terlihat seperti Linux bukan penggunaan resmi dan tidak didukung oleh pengembang resmi Termux. Pengguna mungkin akan menghadapi keterbatasan dukungan yang ada.

Apakah merubah tampilan Termux mempengaruhi performa perangkat?

Iya, pengubahan tampilan Termux mungkin berdampak pada performa perangkat tergantung pada kompleksitas konfigurasi dan fitur-fitur yang diaktifkan.

Apakah merubah tampilan Termux dapat merusak perangkat?

Tidak, merubah tampilan Termux tidak akan secara langsung merusak perangkat. Asalkan pengguna mengikuti instruksi dengan cermat dan hati-hati, perangkat seharusnya tetap berfungsi dengan baik.

Apakah merubah tampilan Termux dapat mempengaruhi kinerja aplikasi lain di perangkat?

Pengubahan tampilan Termux umumnya tidak akan mempengaruhi kinerja aplikasi lain di perangkat. Namun, jika pengguna melakukan konfigurasi yang mempengaruhi sumber daya sistem secara substansial, kinerja aplikasi lain mungkin terpengaruh.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara merubah tampilan Termux agar terlihat lebih seperti Linux. Dengan mengganti tema dengan Zsh, menggunakan font yang berbeda, dan melakukan konfigurasi lainnya, pengguna dapat memperoleh tampilan Termux yang lebih menarik dan membawa pengalaman Linux yang lebih autentik pada perangkat mobile mereka.

Memiliki tampilan yang menarik dan sesuai dengan preferensi pribadi dapat membuat pengguna merasa lebih nyaman dan termotivasi dalam menggunakan Termux. Sementara itu, pengetahuan tentang sistem operasi Linux yang diperoleh serta keuntungan dan kekurangan yang ada dalam proses pengubahan tampilan akan memberikan pengalaman pembelajaran yang berharga bagi pengguna.

Jika Anda tertarik untuk merubah tampilan Termux seperti Linux, pastikan untuk mencari sumber daya dan tutorial yang tersedia di internet. Selain itu, bergabunglah dengan komunitas pengguna Termux yang aktif untuk mendapatkan dukungan dan berbagi pengalaman dengan pengguna lain yang memiliki minat yang sama.

Terakhir, sebelum melakukan perubahan pada Termux, pastikan untuk mengerti bahwa merubah tampilan Termux bukan penggunaan resmi dan pengguna perlu bertanggung jawab atas konsekuensi dari perubahan yang dihasilkan. Dalam hal ini, pengguna perlu berhati-hati dan mempertimbangkan risiko serta keterbatasan yang mungkin terjadi selama proses pengubahan.

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan dan tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah yang mungkin timbul akibat merubah tampilan Termux seperti Linux.

Leave a Comment