Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Story Instagram

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram telah menghadirkan banyak fitur menarik, salah satunya adalah fitur story. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan momen sehari-hari mereka dalam format video atau gambar yang akan hilang dalam waktu 24 jam.

Di balik keseruan fitur story ini, ada satu pertanyaan yang sering muncul di antara pengguna Instagram, yaitu bagaimana cara mengetahui orang yang melakukan screenshot terhadap story yang kita bagikan? Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara-cara yang dapat digunakan untuk mengetahui orang yang melakukan screenshot terhadap story Instagram kita.

Namun, sebelum kami memberikan penjelasan lebih lanjut, ada baiknya kita menilik sebuah kebijakan yang harus diketahui oleh para pengguna Instagram, yaitu bahwa Instagram tidak memberikan pemberitahuan atau notifikasi kepada pengguna terkait siapa yang telah menycreenshot story mereka.

Faktanya, Instagram telah menghapus fitur yang sebelumnya memungkinkan pengguna untuk mengetahui siapa yang melakukan screenshot terhadap story mereka. Kebijakan ini diterapkan untuk menjaga privasi pengguna dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman dalam menggunakan fitur story.

Meski begitu, ada beberapa trik dan metode yang dapat digunakan untuk mengakali kebijakan ini dan mengetahui siapa yang melakukan screenshot terhadap story Instagram kita. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang dapat anda coba untuk mengetahui orang-orang yang melakukan screenshot terhadap story Instagram.

Sebelum melanjutkan ke metode pertama untuk mengetahui orang yang melakukan screenshot story Instagram, ada baiknya bagi anda untuk memastikan bahwa aplikasi Instagram yang anda gunakan telah diperbarui ke versi terbaru. Mengupdate aplikasi Instagram biasanya juga menghadirkan pembaruan dalam hal penggunaan dan fitur-fiturnya.

Setelah update dilakukan, anda dapat melanjutkan membaca artikel ini dan mencoba metode pertama yang akan kami jelaskan.

Metode Pertama: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Emoji: 🔍

Salah satu metode yang dapat anda coba untuk mengetahui orang yang melakukan screenshot terhadap story Instagram adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini biasanya memiliki fitur khusus untuk melakukan tracking terhadap pengguna yang menycreenshot story kita. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan aplikasi semacam ini.

Pertama, pastikan aplikasi yang anda pilih telah memiliki reputasi yang baik dan banyak pengguna yang telah menggunakannya sebelumnya. Hal ini penting untuk menjamin keamanan data pribadi anda, mengingat aplikasi semacam ini akan membutuhkan izin akses ke akun Instagram anda.

Kedua, perhatikan juga fitur-fitur lain yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Pastikan bahwa aplikasi yang anda pilih dapat memberikan informasi yang akurat dan lengkap tentang pengguna yang menycreenshot story anda. Selain itu, pastikan juga bahwa aplikasi tersebut dapat melindungi privasi anda sendiri, dengan cara tidak menyebarkan informasi pribadi anda kepada pengguna lain.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga memang dapat menjadi solusi untuk mengetahui orang yang menycreenshot story Instagram kita, namun kita juga harus berhati-hati dalam memilih aplikasi yang akan digunakan. Pastikan juga untuk membaca ulasan dari pengguna lain sebelum memutuskan untuk menginstall aplikasi tersebut di perangkat anda.

Metode Kedua: Menggunakan Fitur Lain dalam Instagram

Emoji: 🔒

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, terdapat juga metode lain yang dapat anda coba untuk mengetahui siapa yang melakukan screenshot terhadap story Instagram anda. Salah satu metode tersebut adalah dengan menggunakan fitur lain yang telah disediakan oleh Instagram itu sendiri. Fitur-fitur ini biasanya lebih berfokus pada privasi dan keamanan pengguna, sehingga tidak membutuhkan instalasi aplikasi tambahan.

Salah satu fitur yang dapat digunakan adalah fitur “Close Friends”. Dalam fitur ini, anda dapat membuat daftar teman-teman yang memiliki akses khusus untuk melihat story yang anda bagikan. Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat mengendalikan siapa saja yang dapat melihat story anda, sehingga jika ada seseorang yang melakukan screenshot terhadap story anda, kemungkinan besar orang tersebut termasuk dalam daftar teman yang anda tentukan.

Fitur lain yang dapat digunakan adalah fitur “Ranked Order”. Fitur ini memungkinkan anda untuk melihat urutan tampilan dalam story anda, dari yang paling sering dilihat hingga yang jarang dilihat. Jika ada seseorang yang melakukan screenshot terhadap story anda, kemungkinan besar orang tersebut akan muncul pada urutan tampilan tersebut. Anda dapat memeriksa urutan tampilan story anda secara berkala untuk mengetahui apakah ada perubahan yang mencurigakan.

Meski menggunakan fitur-fitur dalam Instagram tersebut cukup mudah dan tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan, tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan informasi yang akurat atau lengkap mengenai orang yang melakukan screenshot terhadap story Instagram Anda. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini dan melihat apakah Anda dapat menemukan petunjuk atau tanda yang dapat membantu Anda mengetahui siapa yang melakukan screenshot.

BACA JUGA  Cara Agar Tidak Kena Copyright di Instagram

Metode Ketiga: Menggunakan Analisis Statistik

Emoji: 📈

Ada satu lagi metode yang dapat Anda coba untuk mengetahui orang yang melakukan screenshot terhadap story Instagram Anda, yaitu dengan menggunakan analisis statistik dari akun Instagram Anda. Dalam analisis statistik, Anda dapat melihat informasi mengenai jumlah orang yang telah melihat story Anda, termasuk orang-orang yang mungkin telah melakukan screenshot.

Untuk melihat analisis statistik ini, buka aplikasi Instagram dan pergi ke halaman profil Anda. Kemudian, ketuk ikon bergambar grafik yang ada di bagian sudut kanan atas halaman. Dalam halaman analisis statistik ini, Anda dapat melihat berbagai informasi mengenai followers, interaksi, dan tampilan story Anda.

Jika ada perubahan yang mencurigakan dalam jumlah tampilan story Anda, Anda dapat mencoba melacak kembali tampilan story Anda pada periode waktu yang mencurigakan tersebut. Perhatikan apakah ada orang atau akun yang muncul pada urutan tampilan yang tidak biasa. Jika Anda menemukan yang mencurigakan, Ada kemungkinan bahwa orang tersebut telah melakukan screenshot terhadap story Anda.

Meski metode ini tidak memberikan informasi yang pasti tentang siapa yang melakukan screenshot terhadap story Instagram Anda, ini masih dapat menjadi petunjuk yang berguna. Anda dapat memanfaatkan analisis statistik ini untuk mencari tahu apakah ada orang atau akun yang menunjukkan perilaku mencurigakan dalam melihat story Anda.

Metode Keempat: Mengajukan Pertanyaan secara Langsung

Emoji: 🗣️

Jika semua metode yang telah dijelaskan sebelumnya tidak memberikan hasil yang memuaskan, Anda dapat mencoba metode ini yang mungkin terlihat lebih sederhana namun cukup efektif dalam beberapa kasus. Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada orang-orang yang Anda curigai telah melakukan screenshot terhadap story Instagram Anda.

Dalam beberapa situasi, mungkin Anda memiliki pemahaman yang baik tentang orang-orang yang telah melihat atau berinteraksi dengan story Anda. Misalnya, jika Anda memiliki daftar teman yang cukup kecil atau Anda hanya menerima interaksi dari akun-akun yang Anda kenal. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat mengajukan pertanyaan secara pribadi kepada orang-orang yang Anda curigai, misalnya dengan mengirim pesan langsung melalui Instagram.

Tentu saja, cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Kelebihannya adalah Anda dapat mendapatkan jawaban langsung dari orang-orang yang Anda curigai, yang dapat memberikan kepastian mengenai mereka yang telah melakukan screenshot. Namun, cara ini juga memiliki kekurangan, yaitu dapat dianggap kurang sopan atau mengganggu oleh beberapa orang.

Anda perlu memerhatikan hubungan yang Anda miliki dengan orang yang Anda ajak bicara dan melihat situasi secara keseluruhan sebelum menggunakan metode ini. Jika dirasa perlu, Anda juga dapat menjelaskan maksud Anda dengan meminta maaf terlebih dahulu dan menjaga sikap sopan selama proses komunikasi.

Metode Kelima: Menggunakan Fitur Lain dalam Aplikasi Penyimpanan Layar

Emoji: 📸

Metode selanjutnya yang dapat Anda coba gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpanan layar yang ada di perangkat Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat semua tangkapan layar yang pernah Anda lakukan dengan perangkat tersebut.

Cara menggunakannya cukup sederhana. Buka aplikasi penyimpanan layar pada perangkat Anda, kemudian cari folder yang berisi tangkapan layar. Cek satu per satu tangkapan layar yang tersimpan dan perhatikan apakah Anda menemukan tangkapan layar yang mungkin menunjukkan story Instagram yang Anda curigai. Jika ada, Anda dapat mengecek waktu dan tanggal pembuatan tangkapan layar untuk mencari tahu siapa yang mungkin telah melakukannya.

Metode ini memang sedikit membutuhkan waktu dan usaha, terutama jika Anda memiliki banyak tangkapan layar yang disimpan di perangkat Anda. Namun, metode ini dapat memberikan informasi yang pasti tentang siapa yang telah melakukan tangkapan layar terhadap story Instagram Anda.

Perlu diingat, metode ini hanya akan memberikan informasi tangkapan layar yang Anda lakukan dengan perangkat tersebut. Jika Anda menggunakan perangkat lain untuk melakukan tangkapan layar, informasi tersebut tidak akan muncul dalam aplikasi penyimpanan layar di perangkat Anda.

Metode Keenam: Menggunakan Fitur “Last Seen”

Emoji: ⏱️

Metode selanjutnya yang dapat Anda coba gunakan adalah dengan menggunakan fitur “Last Seen” pada Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat kapan orang lain terakhir kali online di Instagram.

BACA JUGA  Cara Melihat Aktivitas Login IG

Cara menggunakannya cukup mudah. Buka aplikasi Instagram dan pergi ke halaman pesan. Cari dan pilih obrolan dengan orang yang Anda curigai telah melakukan screenshot terhadap story Instagram Anda. Kemudian, perhatikan waktu terakhir yang ditampilkan di sebelah nama pengguna. Jika waktu ini cocok dengan waktu ketika Anda membagikan story, kemungkinan ada baiknya untuk sedikit mencurigai orang tersebut.

Namun, metode ini juga tidak memberikan informasi pasti tentang siapa yang telah melihat atau melakukan screenshot terhadap story Instagram Anda. Waktu “last seen” hanya menunjukkan kapan pengguna terakhir kali membuka aplikasi Instagram, bukan apa yang mereka lihat atau lakukan selama waktu tersebut. Akan lebih baik jika Anda tidak hanya berdasarkan pada fitur “last seen” saja, tetapi juga menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

Metode Ketujuh: Menggunakan API Data Instagram

Emoji: 🌐

Metode terakhir yang dapat Anda coba untuk mengetahui orang yang mencoba melakukan screenshot terhadap story Instagram adalah dengan menggunakan API data Instagram. API data Instagram adalah satu set fitur dan fungsi yang disediakan oleh Instagram untuk memungkinkan pengguna mengakses dan mengelola data mereka secara lebih rinci.

Untuk menggunakan API data Instagram, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang coding dan pemrograman, serta mengikuti beberapa langkah yang dijelaskan dalam dokumentasi yang disediakan oleh Instagram. Dalam dokumentasi ini, Anda dapat menemukan tutorial dan contoh penggunaan API data Instagram untuk memperoleh informasi tentang pengguna Anda, termasuk informasi tentang aktivitas mereka, seperti melihat dan meluasard story Anda.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan API data Instagram memiliki batasan-batasan tertentu yang harus diikuti. Anda tidak boleh menggunakan API ini untuk tujuan yang melanggar privasi atau aturan yang ditetapkan oleh Instagram. Pastikan Anda memahami dan mengikuti panduan penggunaan API dengan teliti. Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup, ada baiknya untuk mencari bantuan dari ahli atau menghubungi pihak Instagram langsung.

Tabel: Informasi Lengkap tentang Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Story Instagram

No Metode Kelebihan Kekurangan
1 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Memiliki fitur khusus untuk tracking screenshot Resiko menyebarkan data pribadi
2 Menggunakan Fitur Lain dalam Instagram Melalui fitur “Close Friends” dan “Ranked Order” Tidak memberikan informasi pasti
3 Menggunakan Analisis Statistik Memberikan petunjuk mengenai perilaku pengguna Tidak memberikan informasi pasti
4 Mengajukan Pertanyaan secara Langsung Dapat memberikan jawaban langsung dari pengguna Dianggap kurang sopan oleh beberapa orang
5 Menggunakan Fitur Lain dalam Aplikasi Penyimpanan Layar Memberikan informasi pasti tentang tangkapan layar sendiri Hanya dapat melihat tangkapan layar dengan perangkat tersebut
6 Menggunakan Fitur “Last Seen” Memberikan petunjuk mengenai aktivitas pengguna Tidak memberikan informasi pasti
7 Menggunakan API Data Instagram Memperoleh informasi yang lebih rinci tentang aktivitas pengguna Memerlukan pengetahuan tentang pemrograman dan memiliki batasan penggunaan

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah orang dapat mengetahui jika saya menycreenshot story Instagram mereka?

Tidak, Instagram tidak memberikan pemberitahuan kepada pengguna terkait siapa yang telah menycreenshot story mereka.

2. Apakah ada cara untuk mengetahui orang yang sudah menycreenshot story Instagram kita?

Secara resmi, Instagram tidak menyediakan fitur untuk mengetahui orang yang sudah menycreenshot story kita. Namun, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mencoba mengetahui mereka yang melakukan screenshot.

3. Apakah aman menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui orang yang menycreenshot story Instagram kita?

Anda perlu berhati-hati dalam memilih aplikasi pihak ketiga dan memperhatikan izin akses yang diberikan. Pastikan aplikasi yang dipilih memiliki reputasi baik dan banyak pengguna yang telah menggunakannya sebelumnya.

4. Apakah fitur “Close Friends” dan “Ranked Order” dapat memberikan informasi yang pasti tentang orang yang melakukan screenshot?

Tidak, fitur “Close Friends” dan “Ranked Order” hanyalah petunjuk yang dapat membantu Anda memperkirakan siapa yang mungkin telah melakukan screenshot. Informasi yang diberikan oleh fitur ini tidaklah pasti.

5. Apakah API data Instagram dapat memberikan informasi pasti tentang siapa yang melakukan screenshot story Instagram kita?

API data Instagram dapat memberikan informasi yang lebih rinci tentang aktivitas pengguna, namun penggunaan API ini memiliki batasan dan tidak memberikan informasi pasti tentang siapa yang melakukan screenshot.

6. Apakah melaporkan pengguna yang menycreenshot story Instagram kita kepada Instagram dapat membantu mengetahui siapa yang melakukan screenshot?

Tidak, melaporkan pengguna kepada Instagram tidak akan memberikan informasi tentang siapa yang telah melakukan screenshot. Proses pelaporan biasanya ditujukan untuk melaporkan perilaku yang melanggar aturan penggunaan Instagram.

BACA JUGA  Instagram Mirror Selfie Hijab: Terobosan Terbaru dalam Dunia Fashion

7. Apa yang harus dilakukan jika menemukan bahwa seseorang telah melakukan screenshot terhadap story Instagram kita?

Jika menemukan bahwa seseorang telah melakukan screenshot terhadap story Instagram, Anda dapat mengajukan pertanyaan secara langsung kepada orang tersebut atau mencoba metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya untuk mencari tahu lebih lanjut.

8. Apa dampak negatif yang dapat terjadi jika seseorang menycreenshot story Instagram kita?

Meskipun tidak ada fitur untuk mengetahui siapa yang telah melakukan screenshot, dapat kita yakinkan bahwa tangkapan layar story Instagram masih dapat menyebar dan dipergunakan tanpa izin. Oleh karena itu, tetap berhati-hati dan pertimbangkan untuk tidak membagikan informasi pribadi yang sensitif melalui story.

9. Bagaimana jika kita tidak merasa nyaman dengan seseorang yang telah melakukan screenshot terhadap story Instagram kita?

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan seseorang yang telah melakukan screenshot terhadap story Instagram Anda, ada baiknya untuk melakukan langkah-langkah tambahan seperti membatasi akses teman-teman ke story Anda atau memblokir pengguna yang mencurigakan.

10. Apakah ada cara lain untuk melindungi story Instagram kita dari screenshot tanpa menggunakan metode yang telah dijelaskan?

Hingga saat ini, tidak ada cara resmi yang dapat digunakan untuk melindungi story Instagram kita dari screenshot. Namun, Anda dapat tetap berhati-hati dengan memilih siapa saja yang dapat melihat story Anda dan membatasi akses ke orang-orang yang mungkin tidak Anda percayai secara penuh.

11. Apakah Instagram berencana untuk mengembalikan fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui siapa yang melakukan screenshot terhadap story mereka?

Hingga saat ini, tidak ada informasi resmi mengenai rencana Instagram untuk mengembalikan fitur ini. Instagram telah menjelaskan bahwa kebijakan saat ini untuk tidak memberikan pemberitahuan kepada pengguna terkait siapa yang melakukan screenshot story mereka.

12. Bagaimana dengan fitur “Disappearing Photos” pada Instagram Direct? Apakah ada cara untuk mengetahui orang yang menycreenshot foto yang dikirimkan melalui fitur ini?

Fitur “Disappearing Photos” pada Instagram Direct juga tidak memberikan pemberitahuan kepada pengguna terkait siapa yang telah menycreenshot foto yang dikirimkan. Fitur ini memang dirancang untuk menghilangkan foto dalam beberapa saat setelah dilihat, namun tangkapan layar masih tetap dapat dilakukan oleh pengguna lain.

13. Apakah membagikan story secara langsung hanya kepada sejumlah orang tertentu dapat mencegah screenshot oleh orang lain?

Membagikan story secara langsung hanya kepada sejumlah orang tertentu melalui fitur “Direct Message” tidak mencegah orang tersebut melakukan screenshot. Tangkapan layar tetap dapat dilakukan oleh penerima pesan.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai cara mengetahui orang yang screenshot story Instagram. Meskipun Instagram tidak memberikan fitur resmi untuk mengetahui siapa yang melakukan screenshot, ada beberapa metode yang dapat dicoba untuk menemukan petunjuk atau tanda yang dapat membantu Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa metode yang telah dijelaskan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa metode mungkin memberikan petunjuk yang berguna, sementara beberapa metode lain mungkin tidak memberikan informasi pasti atau menghadirkan risiko keamanan dan privasi pengguna.

Sebelum menggunakan metode apa pun, penting untuk mempertimbangkan situasi secara keseluruhan dan menghormati privasi orang lain. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan seseorang yang telah melakukan screenshot terhadap story Anda, ada baiknya untuk mengajukan pertanyaan atau melakukan langkah-langkah lain yang telah disarankan.

Selain itu, penting juga untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan fitur story Instagram dan memilih siapa saja yang dapat melihat atau memiliki akses ke story Anda. Pastikan juga untuk tidak membagikan informasi pribadi yang sensitif melalui story Anda.

Demikianlah artikel ini mengenai cara mengetahui orang yang screenshot story Instagram. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca!

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini disusun berdasarkan penelitian kami dan informasi yang tersedia sepanjang artikel ini dibuat. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dan dampak dari penggunaan metode yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Penggunaan metode-metode tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengguna. Diharapkan bagi pembaca untuk menggunakan metode-metode ini dengan bijak dan dengan memperhatikan hak-hak privasi orang lain.

Artikel ini juga tidak bermaksud untuk mendukung atau mendorong pelanggaran terhadap kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Instagram. Pengguna disarankan untuk mengikuti aturan penggunaan Instagram dan menghormati privasi dan hak-hak orang lain.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment