Cara Mengambil Story IG

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Mengambil story Instagram (IG) merupakan kegiatan yang populer di kalangan pengguna media sosial saat ini. Story IG adalah konten singkat yang bisa berupa foto atau video yang hanya tampil selama 24 jam. Banyak pengguna IG yang tertarik untuk mengambil atau menyimpan story IG dari akun orang lain untuk berbagai keperluan. Namun, sebelum mencoba mengambil story IG orang lain, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara mengambil story IG dengan benar dan etis.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil atau menyimpan story IG:

Cara 1: Menggunakan Fitur “Save”

Untuk mengambil story IG dari akun sendiri, Anda dapat menggunakan fitur “Save” yang disediakan oleh Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan story IG Anda sendiri tanpa batasan waktu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka story IG yang ingin Anda simpan, lalu tap pada ikon “Save” yang terletak di bagian kanan bawah layar Anda. Dengan begitu, story IG tersebut akan tersimpan di galeri foto atau video Anda.

Cara 2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengambil story IG orang lain, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store atau App Store. Terdapat beberapa aplikasi yang menyediakan fitur untuk mengambil atau menyimpan story IG orang lain dengan mudah. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, Anda bisa mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil story IG orang lain secara cepat dan praktis.

Cara 3: Menggunakan Website Khusus

Terdapat juga beberapa website khusus yang memungkinkan Anda mengambil atau menyimpan story IG orang lain. Website-website ini biasanya memberikan petunjuk yang cukup lengkap serta tampilan yang lebih user-friendly. Untuk menggunakan website ini, Anda perlu membuka browser di perangkat Anda, lalu pergi ke salah satu website yang Anda pilih. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diberikan di website tersebut untuk mengambil story IG yang Anda inginkan.

Cara 4: Mengirim Permintaan kepada Pengguna IG

Jika Anda ingin mengambil story IG dari akun orang lain dengan cara yang lebih etis, Anda dapat mengirim permintaan kepada pengguna IG tersebut. Caranya cukup mudah, Anda pertama-tama perlu mengikuti akun orang tersebut dan kemudian mengirim pesan langsung (direct message) yang berisi permintaan untuk mengambil atau menyimpan story IG mereka. Pastikan Anda memberikan alasan yang jelas dan sopan mengapa Anda ingin mengambil atau menyimpan story IG mereka. Jika mereka memberikan persetujuan, Anda bisa dengan mudah mengambil atau menyimpan story IG tersebut.

Cara 5: Meminta Izin dengan Menandai Pengguna

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan meminta izin kepada pengguna IG untuk mengambil story IG mereka dengan cara menandai (tag) akun mereka. Anda bisa menggunakan fitur “@mention” yang disediakan oleh Instagram untuk menandai pengguna tersebut dalam story IG Anda. Dengan cara ini, pengguna IG yang Anda tandai akan mendapatkan notifikasi dan mengetahui bahwa Anda ingin mengambil atau menyimpan story IG mereka. Jika mereka memberikan izin, Anda dapat dengan mudah mengambil atau menyimpan story IG tersebut.

BACA JUGA  Kenapa Following Instagram Berkurang Sendiri

Cara 6: Melakukan Screenshot

Jika Anda tidak menemukan cara lain untuk mengambil story IG orang lain, Anda masih bisa menggunakan cara lama yaitu dengan melakukan screenshot. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuka story IG yang ingin Anda ambil, lalu tekan tombol “Volume Down” dan tombol “Power” (atau tombol “Home” jika menggunakan iPhone) secara bersamaan untuk melakukan screenshot. Namun, perlu diingat bahwa metode ini dapat terdeteksi oleh pengguna IG dan bisa dianggap tidak etis.

Kelebihan Cara Mengambil Story IG

Berikut adalah beberapa kelebihan dalam mengambil story IG:

  1. Memiliki akses ke konten yang menarik dan inspiratif dari orang lain.
  2. Dapat mendapatkan informasi terkini tentang berbagai kegiatan atau acara yang sedang berlangsung.
  3. Bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat konten kreatif di akun IG Anda sendiri.
  4. Meningkatkan konektivitas dan interaksi dengan orang lain melalui komentar atau pesan langsung terkait story IG yang diambil.
  5. Berguna dalam kegiatan riset atau pengumpulan data untuk tujuan tertentu.
  6. Dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang topik atau kegiatan tertentu dari sudut pandang berbeda.
  7. Menginspirasi dan memotivasi pengguna IG lainnya untuk berbagi konten mereka.

Kekurangan Cara Mengambil Story IG

Namun, terdapat beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan ketika mengambil story IG:

  1. Merupakan pelanggaran privasi jika melakukan pengambilan tanpa izin dari pemilik akun.
  2. Bisa mendapatkan respon negatif atau diblokir oleh pengguna IG jika diketahui mengambil story IG mereka secara tidak etis.
  3. Mungkin saja story IG yang diambil tidak bebas dari hak cipta atau melanggar aturan yang berlaku.
  4. Bisa menghabiskan waktu dan energi jika tidak dilakukan dengan efisien dan efektif.
  5. Tidak semua story IG bisa diambil karena ada pengaturan privasi yang membatasi akses.
  6. Sulit untuk membedakan apakah story IG tersebut asli atau telah mengalami editing.
  7. Perlu ekstra hati-hati dalam menggunakan story IG yang diambil agar tidak menyalahgunakan atau menyebarkan konten yang tidak pantas.

Tabel: Informasi Lengkap tentang Cara Mengambil Story IG

No Cara Mengambil Story IG Keterangan
1 Menggunakan Fitur “Save” Mengambil story IG dari akun sendiri dengan fitur “Save” yang disediakan oleh Instagram.
2 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Mengambil story IG orang lain dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store atau App Store.
3 Menggunakan Website Khusus Mengambil story IG orang lain dengan menggunakan website-website khusus yang tersedia.
4 Mengirim Permintaan kepada Pengguna IG Mengambil story IG orang lain dengan cara mengirim permintaan kepada pengguna IG tersebut.
5 Meminta Izin dengan Menandai Pengguna Mengambil story IG orang lain dengan meminta izin dan menandai pengguna dalam story IG Anda.
6 Melakukan Screenshot Mengambil story IG orang lain dengan melakukan screenshot.
BACA JUGA  Bagaimana Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Following

FAQ

1. Apakah mengambil story IG orang lain dianggap sah?

Mengambil story IG orang lain bisa dianggap tidak etis dan melanggar privasi. Disarankan untuk selalu meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil atau menyimpan story IG orang lain.

2. Apakah ada risiko mendapatkan teguran atau blokir jika mengambil story IG tanpa izin?

Ya, pengguna IG bisa merespons negatif dan bahkan memblokir Anda jika diketahui mengambil story IG mereka secara tidak etis atau tanpa izin.

3. Apakah story IG yang diambil dapat diedit atau dimodifikasi oleh pengguna lain?

Ya, setelah mengambil story IG, pengguna lain masih dapat melakukan editing atau modifikasi terhadap konten tersebut sebelum mengunggahnya kembali.

4. Apakah ada waktu atau batasan dalam mengambil story IG menggunakan fitur “Save”?

Untuk story IG dari akun sendiri, fitur “Save” tidak memiliki batasan waktu. Namun, untuk story IG orang lain, fitur “Save” tidak dapat digunakan.

5. Bagaimana cara mengetahui apakah story IG tersebut masih bisa diambil atau tidak?

Sebelum mencoba mengambil story IG, Anda bisa melihat pengaturan privasi yang diterapkan oleh pemilik akun. Jika akun tersebut memiliki pengaturan privasi yang membatasi akses, maka story IG tidak bisa diambil.

6. Apakah ada cara untuk melindungi story IG agar tidak diambil oleh orang lain?

Instagram menyediakan pengaturan privasi yang dapat Anda gunakan untuk melindungi story IG Anda dari diambil oleh orang lain. Anda dapat memilih untuk hanya memperbolehkan akses dari pengikut atau mengatur daftar teman yang bisa melihat story IG Anda.

7. Apakah boleh mengambil story IG orang lain untuk tujuan komersial?

Penggunaan story IG orang lain untuk tujuan komersial memerlukan izin dan persetujuan dari pemilik akun yang bersangkutan. Disarankan untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

8. Apakah mendownload story IG bisa terdeteksi oleh pengguna lain?

Tergantung pada metode yang digunakan, beberapa metode seperti screenshot bisa terdeteksi oleh pengguna IG dan mereka akan menerima notifikasi jika orang lain mengambil screenshot story IG mereka.

9. Apakah mengambil story IG bisa dilakukan melalui desktop?

Saat ini, fitur untuk mengambil story IG belum tersedia di versi desktop Instagram. Namun, Anda masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau website khusus untuk mengambil story IG melalui desktop.

10. Apakah ada batasan waktu untuk mengirim permintaan mengambil story IG pada pengguna lain?

Tidak ada batasan waktu yang ditentukan, namun disarankan untuk mengirim permintaan secepatnya setelah melihat story IG yang Anda inginkan agar tidak terlewat masa validitasnya.

BACA JUGA  Cara Membuat Feed Instagram Nyambung: Mendapatkan Koneksi yang Kuat dengan Pengikut Anda

11. Bagaimana mengatasi jika pengguna IG menolak permintaan untuk mengambil story IG mereka?

Hormati keputusan pengguna IG jika mereka menolak permintaan Anda. Cobalah untuk memahami dan mencari sumber konten lain yang lebih sesuai untuk keperluan Anda.

12. Apakah ada konsekuensi hukum jika mengambil atau menyebarkan story IG tanpa izin dari pemiliknya?

Mengambil atau menyebarkan story IG tanpa izin dari pemiliknya dapat melanggar hukum hak cipta dan privasi. Anda dapat terkena tuntutan hukum dan menghadapi sanksi yang ditetapkan oleh hukum yang berlaku.

13. Bagaimana cara mengambil story IG menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang Anda pilih, biasanya aplikasi tersebut telah menyediakan fitur yang mudah digunakan untuk mengambil story IG. Anda tinggal membuka aplikasi tersebut, masukkan akun IG yang ingin Anda ambil story-nya, dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara-cara untuk mengambil story IG dengan benar dan etis. Terdapat beberapa metode yang bisa Anda coba, seperti menggunakan fitur “Save” di Instagram, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau menggunakan website khusus. Namun, penting untuk diingat bahwa mengambil story IG orang lain tanpa izin dapat dianggap melanggar privasi dan hak cipta. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu meminta izin terlebih dahulu atau mencari metode lain yang lebih etis untuk mendapatkan konten yang Anda butuhkan.

Dalam memilih metode yang tepat, pertimbangkan pula kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara yang dijelaskan di atas. Pastikan juga Anda menggunakan story IG yang diambil dengan bijak dan tidak menyalahgunakan atau menyebarkan konten yang tidak pantas. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengambil story IG dengan benar dan menghindari masalah yang mungkin timbul.

Jadi, apakah Anda siap untuk mencoba mengambil story IG? Ingatlah untuk selalu menggunakan cara yang etis dan tidak melanggar privasi serta hak cipta orang lain. Selamat mencoba!

Kata Penutup

Artikel ini disusun sebagai panduan untuk mengambil story Instagram dengan cara yang benar dan etis. Tidak semua orang menyadari pentingnya privasi dan hak cipta dalam penggunaan media sosial, terutama story IG. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk tetap menghormati privasi dan hak cipta orang lain saat menggunakan story IG mereka. Jika mengambil story IG dari orang lain, pastikan untuk selalu meminta izin terlebih dahulu atau mencari cara yang lebih etis dalam mendapatkan konten yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk menggunakan konten yang Anda dapatkan dengan bijak dan bertanggung jawab. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang berguna bagi Anda. Terima kasih telah membaca!

Leave a Comment