Cara Membuat Highlight IG

Pendahuluan

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang populer saat ini. Bagi pengguna Instagram, fitur highlight IG dapat digunakan untuk menyimpan dan menampilkan konten penting di profil mereka. Highlight IG merupakan koleksi cerita (story) yang telah diarsipkan untuk tetap dapat dilihat oleh pengguna setelah 24 jam. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail cara membuat highlight IG.

#1. Memilih Konten yang Relevan dan Menarik

Pertama-tama, langkah pertama dalam membuat highlight IG adalah memilih konten yang relevan dan menarik untuk disimpan di profil Anda. Highlight IG biasanya digunakan untuk menampilkan momen-momen spesial, tutorial, penampilan produk, atau konten lain yang ingin ditonjolkan.

+ Emoji: ✨

#2. Membuat Highlight Baru

Setelah Anda memilih konten yang ingin ditampilkan dalam highlight IG, langkah selanjutnya adalah membuat highlight baru di profil Instagram Anda. Caranya cukup mudah, cukup masuk ke profil Anda, tap pada tombol “Tambah” di bawah foto profil Anda, kemudian pilih “Highlight Baru”.

+ Emoji: ➕

#3. Menamai Highlight dengan Menarik

Selanjutnya, berikan highlight Anda nama yang menarik dan relevan dengan kontennya. Nama yang baik akan membuat pengunjung profil Anda tertarik untuk melihat highlight tersebut. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan tutorial makeup, Anda dapat memberi nama highlight “Tutorial Makeup Terbaru”.

+ Emoji: 🌟

#4. Menambahkan Cerita ke Highlight

Setelah membuat highlight baru dan memberinya nama yang sesuai, saatnya menambahkan cerita ke dalam highlight tersebut. Caranya sangat sederhana, cukup tap pada cerita yang ingin ditambahkan, kemudian pilih “Tambah ke Highlight” dan pilih highlight yang telah Anda buat sebelumnya.

+ Emoji: ➡️

#5. Mengedit Cover Highlight

Untuk membuat highlight Anda terlihat lebih menarik, Anda dapat mengedit cover highlight. Instagram memberikan opsi untuk memilih salah satu cerita dalam highlight sebagai cover atau mengunggah foto khusus sebagai cover. Pastikan cover highlight sesuai dengan tema dan konten yang ditampilkan.

BACA JUGA  Instagram Help: Membantu Meningkatkan Kepopuleran dan Penggunaan Aplikasi

+ Emoji: 🖼️

#6. Mengurutkan dan Menghapus Highlight

Jika Anda memiliki beberapa highlight di profil Anda, Anda dapat mengurutkannya sesuai keinginan. Caranya adalah dengan masuk ke profil, tap dan tahan salah satu highlight, lalu seret ke posisi yang diinginkan. Selain itu, jika Anda ingin menghapus highlight, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan pergi ke highlight yang ingin dihapus, tap pada tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih “Hapus Highlight”.

+ Emoji: 🔄

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Highlight IG

Setiap fitur memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan cara membuat highlight IG di Instagram. Berikut ini adalah penjelasan secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan cara membuat highlight IG.

Kelebihan:

  1. Memudahkan pengguna untuk mengarsipkan konten penting dan menampilkan kembali setelah 24 jam.
  2. Highlight IG dapat memberikan informasi tambahan kepada pengunjung profil tentang apa yang penting bagi Anda.
  3. Membantu membuat profil Anda lebih menarik dan lebih terorganisir.
  4. Highlight IG dapat diatur ulang dan dihapus sesuai keinginan.
  5. Meningkatkan interaksi dan engagement dengan pengikut.
  6. Berfungsi sebagai pengingat bagi pengguna tentang momen penting dan konten yang ingin ditampilkan.
  7. Meningkatkan brand awareness dan bisa digunakan untuk tujuan pemasaran.

+ Emoji: 👍

Kekurangan:

  1. Highlight IG hanya dapat digunakan oleh pengguna Instagram.
  2. Konten yang disimpan dalam highlight IG hanya dapat dilihat di profil, tidak dapat dibagikan seperti pada cerita biasa.
  3. Mengedit dan mengatur highlight IG membutuhkan waktu dan upaya.
  4. Pengguna harus memilih konten yang relevan dan menarik untuk disimpan, sehingga harus melakukan seleksi secara cermat.
  5. Tidak semua cerita dapat ditambahkan ke highlight, hanya cerita yang telah diarsipkan dalam 24 jam terakhir.
  6. Preview highlight di profil terbatas pada empat cover highlight, harus di-expand untuk melihat lebih banyak.
  7. Pengguna perlu memperbarui highlight secara berkala untuk menjaga kebaruan dan keaktualitasan kontennya.
BACA JUGA  Cara Membuat Link Instagram di Bio

+ Emoji: 👎

Tabel: Cara Membuat Highlight IG

No. Langkah Deskripsi
1 Memilih Konten yang Relevan dan Menarik Memilih konten penting dan menarik yang ingin ditampilkan dalam highlight IG.
2 Membuat Highlight Baru Membuat highlight baru di profil Instagram untuk menampung cerita-cerita yang ingin disimpan.
3 Menamai Highlight dengan Menarik Memberikan nama yang menarik dan relevan dengan konten highlight untuk memikat pengunjung profil.
4 Menambahkan Cerita ke Highlight Menambahkan cerita-cerita yang ingin disimpan ke dalam highlight.
5 Mengedit Cover Highlight Mengedit cover highlight agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan tema konten yang disimpan.
6 Mengurutkan dan Menghapus Highlight Mengatur urutan highlight sesuai keinginan dan menghapus yang tidak diperlukan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa itu highlight IG?

Highlight IG merupakan fitur di Instagram yang digunakan untuk mengarsipkan dan menampilkan cerita-cerita penting dalam profil pengguna.

2. Bagaimana cara membuat highlight baru?

Untuk membuat highlight baru, masuklah ke profil Anda, tap pada tombol “Tambah” di bawah foto profil Anda, kemudian pilih “Highlight Baru”.

3. Bagaimana cara menambahkan cerita ke highlight?

Caranya mudah, tap pada cerita yang ingin ditambahkan, pilih “Tambah ke Highlight” dan pilih highlight yang ingin ditambahkan cerita tersebut.

4. Berapa lama highlight dapat disimpan di profil?

Cerita dalam highlight dapat disimpan di profil Anda selamanya, kecuali Anda memutuskan untuk menghapusnya.

5. Apakah highlight IG bisa dilihat oleh pengguna lain?

Ya, highlight IG dapat dilihat oleh pengguna lain yang mengunjungi profil Anda, selama profil Anda tidak diatur sebagai akun pribadi.

6. Apakah highlight IG dapat dibagikan seperti cerita biasa?

Tidak, highlight IG tidak dapat dibagikan seperti cerita biasa. Namun, pengguna dapat mengklik highlight dan melihat semua cerita yang ada di dalamnya.

BACA JUGA  Instagram Story Viewer: Melihat Stories dengan Mudah

7. Apa kegunaan highlight IG dalam pemasaran?

Highlight IG dapat digunakan dalam pemasaran untuk menampilkan produk, tutorial, penawaran khusus, atau konten lain yang ingin ditonjolkan dan meningkatkan brand awareness.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, cara membuat highlight IG di Instagram adalah langkah yang sederhana namun efektif dalam menampilkan dan mengarsipkan konten penting di profil. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat highlight yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung profil Anda. Highlight IG dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna dalam membagikan momen-momen spesial dan menampilkan konten yang ingin ditonjolkan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan memanfaatkannya untuk keperluan pribadi dan pemasaran.

+ Emoji: ✨

Penutup

Artikel ini telah memberikan panduan lengkap tentang cara membuat highlight IG di Instagram. Dalam artikel ini, kami menjelaskan langkah-langkah detail, kelebihan dan kekurangan, serta jawaban atas pertanyaan umum tentang highlight IG. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu Anda dalam memanfaatkan fitur ini dengan baik. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan highlight IG dan Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya dalam strategi pemasaran atau promosi bisnis Anda. Selamat mencoba!

Dengan <3,

Tim Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *