Cara Membagikan Story IG Orang Lain ke Story Kita

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Platform media sosial Instagram (IG) telah menjadi salah satu sarana yang populer untuk berbagi momen dan konten kepada pengguna lainnya. Salah satu fitur yang ada di IG adalah Story, di mana pengguna dapat membagikan momen-momen singkat dalam bentuk foto atau video yang akan terhapus setelah 24 jam.
Bagi pengguna yang ingin berbagi cerita atau momen dari pengguna lain ke dalam Story mereka sendiri, IG memiliki fitur “Repost” yang memungkinkan hal tersebut dilakukan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan dalam detail mengenai cara membagikan Story IG orang lain ke Story kita serta kelebihan dan kekurangan dari fitur ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mempergunakan Fitur Repost

Kelebihan

1. Mengamplifikasi pesan – Dengan membagikan Story IG orang lain ke Story kita, pengguna dapat membantu menyebarkan konten atau momen yang menarik dari akun lain kepada audiens mereka sendiri. Hal ini dapat membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas konten yang diinginkan.
2. Mendukung kreativitas – Fitur Repost mengizinkan pengguna untuk menambahkan twist atau kreativitas mereka sendiri dengan menambahkan stiker, teks, atau emoji pada Story yang dibagikan. Hal ini bisa menjadi cara yang menarik untuk menunjukkan apresiasi kepada konten-konten yang diinginkan.
3. Mempererat hubungan dengan pengguna lain – Dengan membagikan Story IG dari pengguna lain, ini menunjukkan rasa dukungan dan penghargaan terhadap konten yang dibagikan. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk membangun dan mempererat hubungan dengan orang lain di platform IG.
4. Terlihat di “Stories” cakupan orang lain – Dalam beberapa kasus, ketika pengguna membagikan Story IG orang lain ke Story mereka sendiri, akun pengguna asli juga akan terlihat di bagian “Stories” orang lain yang melihat Story pengguna yang membagikan. Hal ini memberikan kesempatan lebih banyak orang untuk mengenal akun pengguna yang membagikan Story tersebut.

BACA JUGA  Background Keren Kekinian Instagram

Kekurangan

1. Mengabaikan hak cipta – Menggunakan fitur Repost untuk membagikan Story IG orang lain ke Story kita bisa berpotensi melanggar hak cipta pemilik asli. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan izin dari pemilik asli sebelum membagikan. Jika tidak, dapat berdampak pada reputasi dan akun IG pengguna.
2. Kehilangan kontrol atas konten – Ketika membagikan Story orang lain, pengguna kehilangan kendali atas konten yang dibagikan sebagai bagian dari Story mereka sendiri. Ini berarti, jika pengguna asli menghapus atau mengedit konten, Story yang dibagikan juga akan terpengaruh.
3. Membingungkan audiens – Bagi beberapa pengikut yang melihat Story yang dibagikan, mereka mungkin bingung tentang asal-usul konten tersebut dan dari mana berasal. Hal ini dapat mengganggu kelancaran pengalaman pengikut dalam mengonsumsi konten.
4. Mengganggu tampilan estetika – Terkadang, konten yang dibagikan dari Story orang lain mungkin tidak sejajar dengan tampilan estetika atau tema Story pengguna. Ini dapat mengganggu kohesi visual dan kesan keseluruhan Story pengguna.

Tabel Cara Membagikan Story IG Orang Lain ke Story Kita

Langkah Deskripsi
1 Buka aplikasi Instagram
2 Pilih Story pengguna yang ingin dibagikan
3 Tekan ikon “Paper Plane” yang berada di sebelah bawah gambar profil pengguna
4 Pilih “Tambahkan ke Story Anda Sendiri”
5 Tambahkan kreativitas Anda dengan stiker, teks, atau emoji
6 Tekan “Bagikan” untuk mempublikasikan Story yang telah dimodifikasi

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah kita perlu izin dari pengguna asli sebelum membagikan Story IG mereka?

Tentu saja, sangat penting untuk mendapatkan izin dari pengguna asli sebelum membagikan Story IG mereka. Ini melibatkan mengirim pesan langsung kepada pengguna dan meminta izin secara sopan. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin tidak memberikan izin atau meminta untuk dikreditkan saat mencantumkan cerita mereka dalam Story Anda.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Melihat Siapa yang Menyimpan Foto Kita di Instagram

2. Apa yang harus dilakukan jika pengguna asli menghapus cerita yang telah dibagikan?

Jika pengguna asli menghapus cerita yang telah dibagikan, cerita tersebut juga akan hilang dari Story Anda. Tidak ada pemberitahuan otomatis jika cerita tersebut dihapus oleh pengguna asli, jadi penting untuk memeriksa secara rutin apakah cerita yang dibagikan masih berada di Story Anda.

3. Bisakah kita mengedit cerita yang dibagikan dari pengguna lain?

Anda dapat menambahkan stiker, teks, atau emoji di cerita yang dibagikan dari pengguna lain sebelum membagikannya di Story Anda. Namun, Anda tidak dapat mengedit konten asli cerita tersebut.

4. Apakah pengguna lain dapat melihat bahwa kita telah membagikan cerita mereka?

Cerita yang Anda bagikan dari pengguna lain tidak terlihat oleh pengguna asli, kecuali jika mereka secara kebetulan melihat Story Anda dan mengenali cerita mereka sendiri di dalamnya. Cerita yang Anda bagikan juga tidak muncul sebagai notifikasi atau tanda lain di profil pengguna asli.

5. Apakah ada batasan pada berapa banyak cerita pengguna lain yang dapat kita bagikan?

Tidak ada batasan yang diketahui secara resmi pada berapa banyak cerita pengguna lain yang dapat Anda bagikan ke Story Anda. Namun, lebih baik tidak membanjiri Story Anda dengan cerita orang lain secara berlebihan agar tidak mengganggu kontinuitas atau kesan keseluruhan Story Anda.

6. Apakah kita dapat menghapus cerita yang dibagikan dari pengguna lain?

Anda tidak dapat menghapus cerita yang dibagikan dari pengguna lain dari Story Anda. Satu-satunya cara untuk menghapus cerita tersebut adalah dengan menghapus seluruh Story Anda.

7. Apakah kita perlu memberikan kredit kepada pengguna asli yang dibagikan ceritanya?

Meskipun tidak ada persyaratan resmi untuk memberikan kredit kepada pengguna asli cerita yang dibagikan, memberikan kredit adalah sikap apresiasi yang baik dan memperlihatkan adab di platform IG. Jika pengguna asli meminta dikreditkan atau Anda merasa perlu untuk menandai mereka secara sukarela, ini akan memberikan penghormatan pada pengguna asli.

BACA JUGA  Harga Desain Feed Instagram

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara membagikan Story IG orang lain ke Story kita dengan fitur “Repost” yang disediakan oleh Instagram. Kelebihannya meliputi dapat mengamplifikasi pesan, mendukung kreativitas, mempererat hubungan dengan pengguna lain, dan terlihat di “Stories” cakupan orang lain. Namun, fitur ini juga memiliki kekurangan seperti mungkin melanggar hak cipta, kehilangan kendali atas konten, membingungkan audiens, dan mengganggu tampilan estetika.
Untuk menggunakan fitur Repost dengan bijaksana, penting untuk mendapatkan izin dari pengguna asli sebelum membagikan ceritanya, menghormati hak cipta, dan mempertimbangkan kohesi tema Story Anda. Dalam hal ini, menghargai karya orang lain dan menjaga reputasi serta akun IG Anda adalah aspek penting untuk diperhatikan.

Dalam tabel yang telah disajikan, langkah-langkah yang perlu diikuti untuk membagikan Story IG orang lain ke Story kita juga telah dijelaskan secara rinci. Dalam FAQ, beberapa pertanyaan umum mengenai fitur ini telah dijawab untuk memberikan pemahaman yang lebih baik.
Dengan mempelajari panduan dan pemahaman yang benar tentang cara membagikan Story IG orang lain ke Story kita, pengguna dapat menggunakan fitur ini dengan cara yang sesuai dan memaksimalkan manfaatnya.

Kata Penutup

Penting untuk diingat bahwa penggunaan fitur Repost haruslah dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan etika. Menghargai karya pengguna lain, meminta izin, dan memberikan kredit adalah hal-hal yang penting untuk diingat saat berbagi cerita orang lain ke Story kita sendiri.
Dengan menggunakan fitur ini dengan bijaksana, pengguna dapat memperluas jangkauan konten yang menarik, memperkuat hubungan dengan pengguna lain, dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih beragam di platform media sosial Instagram.

Leave a Comment