Cara Melihat Aktif Terakhir di Instagram

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di dunia saat ini. Dengan pengguna aktif mencapai miliaran, Instagram menjadi platform yang sangat potensial untuk berinteraksi dan berbagi aktivitas dengan orang lain. Namun, banyak pengguna Instagram yang masih belum mengetahui bagaimana cara melihat aktif terakhir di Instagram.

Melihat aktifitas terakhir seseorang di Instagram dapat memberikan informasi tentang kapan pengguna tersebut terakhir melakukan postingan atau berinteraksi dengan pengguna lainnya. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui apakah seseorang masih aktif atau tidak di Instagram.

Artikel ini akan menjelaskan secara detail mengenai cara melihat aktif terakhir di Instagram, serta kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, artikel ini juga akan menyertakan tabel yang berisi semua informasi lengkap mengenai cara melihat aktif terakhir di Instagram.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang fitur melihat aktif terakhir di Instagram. Fitur ini hanya dapat dilihat oleh pengguna yang memiliki akun publik. Jika akun tersebut merupakan akun pribadi, maka tidak akan ada opsi yang menampilkan aktif terakhir di Instagram.

Berikut adalah cara melihat aktif terakhir di Instagram:

1. Cara melihat aktif terakhir melalui Direct Message (DM)

Langkah pertama untuk melihat aktif terakhir di Instagram adalah melalui Direct Message atau DM. Bukalah aplikasi Instagram di smartphone Anda dan buka chat dengan orang yang ingin Anda lacak aktifitasnya. Di bagian atas chat, Anda akan melihat tulisan “Aktif xx menit yang lalu”. Itulah aktif terakhir dari pengguna tersebut.

2. Cara melihat aktif terakhir melalui fitur Tayangan Cerita (Stories)

Tayangan Cerita atau Stories merupakan fitur populer di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto atau video dalam jangka waktu 24 jam. Untuk melihat aktif terakhir di Instagram melalui fitur ini, bukalah aplikasi Instagram dan periksa Stories orang yang ingin Anda lacak. Jika Anda melihat lingkaran berwarna di sebelah nama pengguna tersebut, berarti pengguna tersebut aktif baru-baru ini.

3. Cara melihat aktif terakhir melalui fitur “Following”

Fitur Following atau Mengikuti di Instagram memungkinkan pengguna untuk melihat aktivitas terkini dari pengguna yang diikuti. Untuk melihat aktif terakhir di Instagram melalui fitur ini, bukalah aplikasi Instagram, pilih ikon beranda di bagian bawah, dan gulir ke bawah sampai Anda menemukan “Aktivitas” atau “Following”. Di sana Anda akan menemukan informasi tentang aktivitas baru-baru ini dari pengguna yang diikuti.

4. Cara melihat aktif terakhir melalui fitur “Explorer”

Fitur Explorer atau Pencarian di Instagram memberikan pengguna rekomendasi berdasarkan minat dan aktivitas sebelumnya. Untuk melihat aktif terakhir di Instagram melalui fitur ini, bukalah aplikasi Instagram, pilih ikon kaca pembesar di bagian bawah, dan gulir ke bawah sampai Anda menemukan “Ketuk artikel untuk menemukan orang baru” atau “Ketuk berikutnya untuk melihat gambar baru”. Di sana Anda akan menemukan informasi tentang aktivitas baru-baru ini dari pengguna lain.

5. Memilih mode penyembunyian aktif terakhir Anda di Instagram

Jika Anda ingin menjaga privasi dan menghindari orang lain melihat aktif terakhir Anda di Instagram, Anda dapat memilih untuk menyembunyikannya. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Instagram, masuk ke pengaturan profil, lalu pilih “Privasi” dan matikan opsi “Aktif Terakhir”. Setelah itu, aktif terakhir Anda tidak akan terlihat oleh orang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Melihat Aktif Terakhir di Instagram

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari fitur melihat aktif terakhir di Instagram:

Kelebihan Kekurangan
Memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah seseorang masih aktif di Instagram Hanya dapat dilihat oleh pengguna yang memiliki akun publik
Dapat memberikan informasi tentang kapan pengguna terakhir kali melakukan postingan atau berinteraksi Tidak dapat melihat aktifitas terakhir pengguna dengan akun pribadi
Memudahkan pengguna dalam melacak aktifitas teman atau orang yang ingin diinteraksikan Fitur ini hanya menyediakan informasi aktifitas terakhir, bukan riwayat lengkap

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah cara melihat aktif terakhir di Instagram dapat dilakukan oleh semua pengguna?

Tidak, hanya pengguna yang memiliki akun publik yang dapat melihat aktif terakhir di Instagram. Pengguna dengan akun pribadi tidak akan memiliki opsi ini.

2. Apa manfaat melihat aktif terakhir di Instagram?

Melihat aktif terakhir di Instagram dapat memberikan informasi tentang keaktifan pengguna, kapan terakhir kali mereka melakukan postingan atau berinteraksi.

3. Bisakah saya menyembunyikan aktif terakhir saya di Instagram?

Ya, Anda dapat menyembunyikan aktif terakhir Anda di Instagram dengan mengakses pengaturan profil dan mematikan opsi “Aktif Terakhir”.

4. Apakah fitur melihat aktif terakhir di Instagram akurat?

Iya, fitur melihat aktif terakhir di Instagram cukup akurat untuk menampilkan informasi tentang kapan seseorang terakhir kali aktif di platform.

5. Apakah bisa melihat riwayat aktifitas lengkap seseorang di Instagram?

Tidak, fitur melihat aktif terakhir hanya menampilkan informasi tentang aktifitas terakhir, bukan riwayat lengkap dari seseorang di Instagram.

6. Bagaimana jika ingin melacak aktifitas pengguna dengan akun pribadi?

Jika pengguna memiliki akun pribadi, tidak ada cara untuk melihat aktif terakhir pengguna tersebut di Instagram.

7. Apakah saya bisa melihat aktif terakhir seseorang yang tidak saya ikuti di Instagram?

Tidak, Anda hanya dapat melihat aktif terakhir dari pengguna yang Anda ikuti di Instagram.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara melihat aktif terakhir di Instagram dan kelebihan serta kekurangannya, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melacak aktifitas pengguna lain dan mengetahui apakah seseorang masih aktif di Instagram. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna dengan akun publik. Jika Anda ingin menjaga privasi, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan aktif terakhir Anda di Instagram.

Dengan mengetahui aktif terakhir di Instagram, Anda dapat lebih memahami aktivitas pengguna lain dan berinteraksi dengan mereka secara lebih efektif. Tetaplah menghormati privasi pengguna dan gunakan fitur ini dengan bijak.

Kata Penutup

Artikel ini telah menjelaskan secara detail mengenai cara melihat aktif terakhir di Instagram. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat melihat aktif terakhir dari pengguna Instagram. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya berlaku untuk pengguna dengan akun publik, dan tidak dapat digunakan untuk melihat aktifitas pengguna dengan akun pribadi.

Untuk menjaga privasi Anda sendiri, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan aktif terakhir Anda di Instagram. Caranya adalah dengan mengakses pengaturan profil dan mematikan opsi “Aktif Terakhir”. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat aktif terakhir Anda di Instagram.

Menggunakan fitur melihat aktif terakhir di Instagram dapat memberikan informasi yang berguna tentang keaktifan pengguna lain. Namun, penting untuk selalu menghormati privasi pengguna dan menggunakan fitur ini dengan hati-hati. Jaga etika dalam berinteraksi di media sosial dan nikmati pengalaman Anda di Instagram.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Repost di Instagram Untuk Meningkatkan Reputasi Anda

Leave a Comment