Cara Hapus Akun IG Permanen Lewat HP

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Instagram (IG) telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Meskipun begitu, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin menghapus akun IG mereka secara permanen. Mungkin karena alasan privasi, keamanan, atau hanya ingin mengurangi kehadiran mereka di dunia maya. Tetapi bagaimana cara menghapus akun IG permanen lewat HP? Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan ini.

Sebelum kita memulai, penting untuk mencatat bahwa menghapus akun IG permanen berarti Anda tidak akan dapat mengakses kembali atau mengembalikan akun tersebut. Semua foto, video, pesan, dan pengikut akan hilang secara permanen. Pastikan Anda telah mempertimbangkan dengan matang keputusan ini sebelum melanjutkan.

Berikut ini adalah tujuan dari artikel ini:

1. Menghapus akun IG permanen melalui aplikasi Instagram

Satu-satunya cara untuk menghapus akun IG permanen adalah melalui aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda. Metode ini mirip untuk pengguna iOS dan Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda.
2. Masuk ke akun yang ingin Anda hapus.
3. Klik pada ikon profil di pojok kanan bawah layar.
4. Buka pengaturan dengan mengklik ikon tiga bar di pojok kanan atas layar.
5. Gulir ke bawah dan klik “Bantuan” pada bagian Akun.
6. Pilih “Bantuan dengan masalah lainnya” dan pilih “Hapus Akun”.
7. Pilih opsi “Saya percaya akun saya telah dicuri atau diakses oleh pihak ketiga” atau “Saya percaya akun saya secara keliru dibuat” sesuai dengan situasi Anda.
8. Masukkan kata sandi akun IG Anda untuk mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun tersebut.
9. Klik “Hapus Akun Saya Secara Permanen”.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, akun IG Anda akan dihapus secara permanen dan Anda tidak akan bisa mengembalikannya lagi.

2. Menghapus akun IG permanen melalui website Instagram

Selain melalui aplikasi Instagram, Anda juga dapat menghapus akun IG permanen melalui website Instagram di perangkat seluler atau komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka browser dan kunjungi situs web Instagram di www.instagram.com.
2. Masuk ke akun yang ingin Anda hapus.
3. Buka “Pusat Bantuan” dengan mengklik ikon tiga bar di pojok kanan atas layar.
4. Ketik “Hapus Akun” di kotak pencarian.
5. Pilih “Bagaimana cara menghapus akun saya?”
6. Pilih “Buka formulir penyiapan akun”.
7. Isi formulir dengan alasan Anda ingin menghapus akun Anda.
8. Masukkan kata sandi akun IG Anda untuk mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun tersebut.
9. Klik “Hapus Permanen Akun Saya”.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Mengetahui Sandi Instagram yang Lupa

Seperti langkah-langkah sebelumnya, setelah melakukan proses ini, akun IG Anda akan dihapus secara permanen.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Hapus Akun IG Permanen Lewat HP

Kelebihan

1. Keamanan Privasi: Dengan menghapus akun IG permanen, Anda dapat mengamankan privasi dan menghindari penyalahgunaan data pribadi Anda.

2. Mengurangi Ketergantungan: Dengan menghapus akun IG permanen, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada media sosial dan mengalokasikan waktu dan energi Anda untuk hal-hal yang lebih produktif.

3. Menghilangkan Gangguan: Menghapus akun IG permanen akan membantu Anda menghilangkan gangguan dari notifikasi, konten yang tidak relevan, dan tekanan sosial yang mungkin Anda rasakan.

4. Menghapus Riwayat yang Tidak Diinginkan: Anda dapat membersihkan riwayat postingan, komentar, dan aktivitas lainnya yang mungkin Anda tidak inginkan atau menginginkan.

5. Mengurangi “FOMO”: Dengan menghapus akun IG permanen, Anda dapat mengurangi perasaan takut ketinggalan (fear of missing out) dari konten atau acara di media sosial.

6. Konsentrasi Lebih Baik: Tanpa distraksi dari IG, Anda akan dapat fokus dan berkonsentrasi pada tugas-tugas yang lebih penting dalam kehidupan sehari-hari Anda.

7. Bebas dari Tekanan Sosial: Menghapus akun IG permanen akan membebaskan Anda dari tekanan sosial untuk selalu terlihat sempurna dan membandingkan diri dengan orang lain.

Kekurangan

1. Kehilangan Kenangan: Menghapus akun IG permanen berarti kehilangan seluruh foto dan video yang telah Anda unggah. Kenangan ini tidak dapat dipulihkan lagi.

2. Tidak Bisa Berinteraksi: Dengan menghapus akun IG permanen, Anda tidak akan dapat berinteraksi langsung dengan teman-teman dan pengikut Anda melalui platform ini.

3. Kehilangan Sarana Promosi: Bagi para pebisnis atau influencer, menghapus akun IG permanen berarti kehilangan sumber promosi yang efektif dan target audiens tertentu.

4. Potensial Isolasi Sosial: Dalam beberapa kasus, Anda dapat merasa terisolasi atau tidak memiliki akses ke informasi dan tren terkini karena tidak aktif di platform media sosial yang populer ini.

BACA JUGA  Cara Mengetahui Orang yang Stalking IG

5. Banyak Langkah: Proses menghapus akun IG permanen melibatkan beberapa langkah yang membutuhkan waktu dan perhatian, tidak secepat meng-nonaktifkan sementara akun Anda.

6. Tidak Bisa Mengubah Pikiran: Setelah akun IG dihapus permanen, Anda tidak akan dapat mengubah pikiran atau mengembalikan akun tersebut. Keputusan ini bersifat permanen.

7. Kehilangan Potensial Bisnis: Bagi beberapa pengguna, menghapus akun IG permanen berarti kehilangan peluang bisnis yang mungkin muncul atau terganggu.

Tabel Panduan Menghapus Akun IG Permanen Lewat HP

Berikut ini adalah tabel yang berisi semua informasi lengkap tentang cara hapus akun IG permanen lewat HP:

Langkah Cara Hapus Akun IG Permanen Lewat HP
1 Buka aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda.
2 Masuk ke akun yang ingin Anda hapus.
3 Klik pada ikon profil di pojok kanan bawah layar.
4 Buka pengaturan dengan mengklik ikon tiga bar di pojok kanan atas layar.
5 Gulir ke bawah dan klik “Bantuan” pada bagian Akun.
6 Pilih “Bantuan dengan masalah lainnya” dan pilih “Hapus Akun”.
7 Pilih opsi sesuai situasi Anda.
8 Masukkan kata sandi akun IG Anda.
9 Klik “Hapus Akun Saya Secara Permanen”.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah ada cara lain untuk menghapus akun IG permanen selain melalui aplikasi atau situs web?

Tidak, satu-satunya cara untuk menghapus akun IG permanen adalah melalui aplikasi Instagram di perangkat seluler atau situs web.

2. Apakah saya dapat menghapus akun IG permanen dari perangkat seluler lain?

Ya, Anda juga dapat menghapus akun IG permanen dari perangkat seluler lain dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan sebelumnya.

3. Apakah saya perlu memiliki akun Instagram untuk menghapus akun IG permanen?

Ya, Anda harus memiliki akun Instagram dan masuk ke akun tersebut untuk dapat menghapus akun IG permanen.

4. Apakah ada batas waktu untuk memulihkan akun IG setelah menghapusnya secara permanen?

Tidak, setelah menghapus akun IG secara permanen, tidak ada batas waktu untuk memulihkan akun tersebut. Ini bersifat permanen.

5. Apakah ada biaya yang terkait dengan menghapus akun IG permanen?

Tidak, menghapus akun IG permanen tidak ada biaya yang terkait. Proses ini gratis.

BACA JUGA  Is Payung Teduh Instagram?

6. Apakah semua data saya akan dihapus secara permanen?

Ya, semua foto, video, pesan, dan pengikut akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan setelah menghapus akun IG permanen.

7. Apakah saya dapat menggunakan email atau nomor telepon yang sama untuk membuat akun baru setelah menghapus akun IG?

Ya, Anda dapat menggunakan email atau nomor telepon yang sama untuk membuat akun baru setelah menghapus akun IG permanen.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara hapus akun IG permanen lewat HP. Ada beberapa langkah yang perlu diikuti baik melalui aplikasi Instagram di perangkat seluler maupun melalui situs web Instagram. Setelah menghapus akun IG secara permanen, semua konten, termasuk foto, video, pesan, dan pengikut, akan hilang secara permanen dan tidak dapat dipulihkan. Hapus akun IG permanen dapat memberikan sejumlah kelebihan yaitu keamanan privasi, menghilangkan gangguan, dan mengurangi tekanan sosial, tetapi juga ada kekurangan seperti kehilangan kenangan dan keterbatasan interaksi dengan teman dan pengikut.

Jadi, jika Anda telah memutuskan untuk menghapus akun IG permanen, pastikan untuk mempertimbangkan dengan matang keputusan ini sebelum melanjutkan. Ikuti panduan langkah demi langkah yang telah dijelaskan dengan hati-hati dan pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya dengan bijak. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam proses menghapus akun IG permanen. Terima kasih telah membaca!

Kata Penutup

Artikel ini ditulis sebagai panduan untuk menghapus akun Instagram (IG) secara permanen melalui perangkat seluler. Tetapi sebelum menghapus akun IG permanen, penting untuk mempertimbangkan konsekuensinya. Anda akan kehilangan semua foto, video, pesan, dan pengikut akun Anda dan tidak akan dapat mengembalikannya lagi. Selain itu, Anda juga akan kehilangan akses ke berbagai fitur dan fungsi dari IG.

Pastikan Anda telah mempertimbangkan dengan matang sebelum mengambil tindakan ini. Jika Anda masih ingin melanjutkan dengan menghapus akun IG permanen, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan seksama, baik melalui aplikasi Instagram di perangkat seluler atau melalui situs web Instagram. Pastikan untuk mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun dengan memasukkan kata sandi Anda.

Kami harap artikel ini memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang cara hapus akun IG permanen lewat HP. Terima kasih telah membaca!

Leave a Comment