Bagaimana Cara Mendapatkan Verified Instagram

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna internet saat ini. Dengan ribuan pengguna aktif setiap harinya, Instagram menjadi tempat yang strategis untuk membangun branding dan memperluas jangkauan audiens. Salah satu fitur yang paling diinginkan oleh banyak pengguna Instagram adalah tanda centang biru atau verified, yang menunjukkan bahwa akun tersebut autentik dan resmi. Namun, mendapatkan verifikasi Instagram bukanlah hal yang mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mendapatkan verifikasi Instagram dengan langkah-langkah yang jelas dan terperinci.

1. Menggunakan Nama yang Jelas dan Mudah Dikenali

Sebelum mengajukan permohonan verifikasi Instagram, pastikan akun Anda memiliki nama yang jelas dan mudah dikenali. Nama tersebut sebaiknya terkait langsung dengan identitas pribadi atau merek bisnis Anda. Hal ini akan membantu tim verifikasi Instagram untuk memverifikasi akun Anda lebih mudah. Jika Anda memiliki nama yang umum, pertimbangkan untuk menambahkan unsur-unsur unik atau kata kunci yang relevan untuk membedakan diri Anda dari orang lain.

2. Mempersiapkan Bukti Identitas

Instagram memerlukan bukti identitas yang valid sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan verifikasi. Persiapkan bukti identitas yang resmi, seperti kartu identitas atau paspor, yang menunjukkan bahwa akun tersebut benar-benar terkait dengan diri Anda atau bisnis Anda. Pastikan juga bahwa informasi di bukti identitas tersebut terlihat dengan jelas dan sesuai dengan informasi yang terdaftar di akun Instagram.

3. Membangun Jumlah Pengikut dan Keterlibatan yang Tinggi

Salah satu faktor penting yang dipertimbangkan oleh tim verifikasi Instagram adalah jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan (engagement rate) akun Anda. Untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan verifikasi, fokuslah pada membangun jumlah pengikut yang organik dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens Anda. Interaksi yang tinggi, seperti komentar dan likes, dapat menunjukkan kepada Instagram bahwa akun Anda memiliki pengikut yang aktif dan autentik.

4. Memiliki Keberadaan Online yang Konsisten

Selain membangun jumlah pengikut, keberadaan online yang konsisten juga merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh Instagram dalam proses verifikasi. Pastikan akun Instagram Anda terhubung dengan situs web, blog, atau platform media sosial lainnya yang terkait. Jika Anda memiliki bisnis, pastikan juga bahwa alamat email yang terdaftar di akun Instagram adalah alamat email yang terkait dengan bisnis tersebut. Hal ini akan memberikan bukti bahwa akun Instagram Anda adalah bagian dari keberadaan online yang konsisten dan resmi.

5. Menjaga Kualitas Konten dan Etika dalam Berinteraksi

Instagram sangat memperhatikan kualitas konten dan etika dalam berinteraksi untuk memverifikasi akun. Pastikan konten yang Anda unggah berkualitas tinggi, menarik, dan relevan dengan audiens Anda. Hindari konten yang melanggar kebijakan Instagram, seperti konten yang melanggar hak cipta atau berisi tindakan tidak etis. Selain itu, berinteraksilah secara positif dan sopan dengan pengikut Anda, serta menjaga reputasi akun dari tindakan spam atau penipuan.

BACA JUGA  Cara Menghapus Instagram Permanen

6. Mengajukan Permohonan Verifikasi

Setelah memiliki semua persyaratan yang diperlukan, Anda dapat mengajukan permohonan verifikasi langsung melalui aplikasi Instagram. Kunjungi bagian “Pengaturan” pada akun Anda, lalu cari opsi “Permohonan Verifikasi”. Isi formulir yang diminta dengan informasi yang akurat dan lengkap. Jangan lupa untuk melampirkan bukti identitas yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Setelah mengajukan permohonan, Anda perlu menunggu dengan sabar hingga tim verifikasi Instagram memproses permohonan Anda.

7. Menjaga Aktivitas dan Kualitas Akun Setelah Verifikasi

Jika Anda berhasil mendapatkan verifikasi Instagram, pastikan untuk terus menjaga aktivitas dan kualitas akun Anda. Instagram dapat mencabut tanda verifikasi jika Anda melanggar kebijakan atau terlibat dalam praktik yang melanggar aturan. Terus berinteraksi dengan pengikut Anda, unggah konten yang menarik, dan pastikan akun Anda tetap memenuhi syarat verifikasi yang telah ditetapkan oleh Instagram.

Kelebihan dan Kekurangan Bagaimana Cara Mendapatkan Verified Instagram

Kelebihan

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan – Mendapatkan verifikasi Instagram akan memberikan kepercayaan lebih kepada pengikut Anda, memastikan bahwa akun tersebut benar-benar autentik dan terkait dengan entitas resmi. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dari pengikut Anda.

2. Meningkatkan Keuntungan dan Peluang Bisnis – Verifikasi Instagram dapat membantu meningkatkan keuntungan dan peluang bisnis. Akun yang terverifikasi lebih mudah ditemukan oleh pengguna sekaligus menunjukkan status yang lebih tinggi dalam industri tertentu. Hal ini dapat membuka pintu bagi peluang kerjasama, endorse, atau kesepakatan bisnis lainnya.

3. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas – Verifikasi Instagram dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Akun dengan tanda verifikasi lebih mungkin muncul dalam hasil pencarian dan dapat menarik perhatian pengguna baru yang potensial.

4. Melindungi Akun dari Pencurian Identitas – Tanda verifikasi juga dapat melindungi akun Anda dari pencurian identitas. Dengan adanya verifikasi, pengguna lain sulit untuk membuat akun palsu dengan mengklaim identitas Anda.

5. Memberikan Akses ke Fitur Khusus – Instagram memberikan akses ke fitur khusus untuk akun yang terverifikasi, seperti pemilihan kategori bisnis, tombol “Swipe Up” dalam stories, dan banyak lagi. Fitur-fitur ini dapat membantu Anda memaksimalkan potensi dan daya tarik akun Anda dalam mencapai tujuan pemasaran atau bisnis.

6. Mendapatkan Dukungan Prioritas dari Instagram – Akun dengan verifikasi cenderung mendapatkan dukungan prioritas dari Instagram jika mengalami masalah atau membutuhkan bantuan teknis. Tim verifikasi Instagram juga akan memantau akun Anda secara lebih cermat untuk melindungi Anda dari praktik penyalahgunaan atau ancaman online.

7. Penggunaan Emoji: 😊

Kekurangan

1. Persyaratan yang Ketat – Proses mendapatkan verifikasi Instagram melibatkan persyaratan yang ketat dan tidak semua akun memenuhi kriteria untuk mendapatkan verifikasi. Sebagai contoh, akun dengan jumlah pengikut yang terlalu sedikit atau akun yang tidak memiliki aktivitas yang konsisten mungkin memiliki peluang lebih rendah untuk diterima.

2. Memakan Waktu dan Kesabaran – Mendapatkan verifikasi Instagram membutuhkan waktu dan kesabaran. Setelah mengajukan permohonan verifikasi, Anda perlu menunggu tim Instagram memproses permohonan Anda. Lama proses ini dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk jumlah permohonan yang masuk dan tim verifikasi yang tersedia.

BACA JUGA  Cara Membuat Head Quiz Instagram

3. Tidak Menjamin Pertumbuhan Organik – Meskipun verifikasi Instagram dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas akun, hal ini tidak menjamin pertumbuhan organik dalam jumlah pengikut atau keterlibatan. Pertumbuhan organik yang signifikan tetap memerlukan strategi dan upaya lanjutan dalam menciptakan konten yang menarik dan memperluas jangkauan target audiens.

4. Penggunaan Emoji: 😔

Tabel: Informasi tentang Cara Mendapatkan Verified Instagram

Langkah-langkah Deskripsi
1. Menggunakan Nama yang Jelas dan Mudah Dikenali Memilih nama akun yang mudah diingat dan berhubungan dengan identitas pribadi atau bisnis Anda.
2. Mempersiapkan Bukti Identitas Menyiapkan bukti identitas yang resmi, seperti kartu identitas atau paspor, untuk diajukan pada permohonan verifikasi.
3. Membangun Jumlah Pengikut dan Keterlibatan yang Tinggi Memperluas jaringan pengikut dan meningkatkan interaksi dengan audiens untuk menunjukkan keautentikan dan kualitas akun.
4. Memiliki Keberadaan Online yang Konsisten Menyertakan tautan ke situs web atau platform media sosial terkait yang membuktikan bahwa akun Instagram merupakan bagian dari keberadaan online yang konsisten dan resmi.
5. Menjaga Kualitas Konten dan Etika dalam Berinteraksi Mengunggah konten berkualitas tinggi yang relevan dengan audiens serta berinteraksi dengan pengikut secara positif dan sopan.
6. Mengajukan Permohonan Verifikasi Mengisi formulir permohonan verifikasi secara akurat dan melampirkan bukti identitas yang telah disiapkan sebelumnya.
7. Menjaga Aktivitas dan Kualitas Akun Setelah Verifikasi Tetap menjaga aktivitas dan kualitas konten setelah mendapatkan verifikasi Instagram.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Apa keuntungan memiliki akun yang terverifikasi di Instagram?

Keuntungan memiliki akun yang terverifikasi di Instagram antara lain meningkatkan kredibilitas, menjangkau audiens yang lebih luas, dan mendapatkan akses ke fitur khusus.

2. Apakah semua akun bisa mendapatkan verifikasi Instagram?

Tidak, tidak semua akun memenuhi syarat untuk mendapatkan verifikasi Instagram. Instagram memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi agar akun dapat diverifikasi.

3. Berapa lama proses verifikasi Instagram?

Lama proses verifikasi Instagram dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor. Namun, Anda perlu bersabar karena proses ini dapat memakan waktu yang cukup lama.

4. Apakah jumlah pengikut akun memengaruhi peluang untuk mendapatkan verifikasi Instagram?

Iya, jumlah pengikut akun dan tingkat keterlibatan (engagement rate) dapat memengaruhi peluang untuk mendapatkan verifikasi Instagram. Akun dengan jumlah pengikut yang signifikan dan keterlibatan yang tinggi lebih mungkin untuk diterima.

5. Apakah saya harus membayar untuk mendapatkan verifikasi Instagram?

Tidak, proses verifikasi Instagram adalah gratis dan tidak memerlukan pembayaran apa pun. Hati-hati terhadap penipuan yang mengklaim bisa mempercepat proses verifikasi dengan membayar fee tertentu.

6. Apakah verifikasi akun dapat dicabut setelah diberikan?

Iya, Instagram dapat mencabut verifikasi akun jika akun tersebut melanggar kebijakan Instagram atau terlibat dalam tindakan yang tidak etis.

BACA JUGA  Cara Ganti Email Instagram

7. Bagaimana cara mengetahui apakah akun saya sudah diverifikasi?

Jika akun Anda sudah diverifikasi, Anda akan melihat tanda centang biru yang muncul di sebelah nama akun Anda.

8. Apakah verifikasi Instagram hanya tersedia untuk akun bisnis?

Tidak, verifikasi Instagram tidak hanya tersedia untuk akun bisnis. Anda dapat mengajukan verifikasi untuk akun pribadi maupun bisnis.

9. Apakah saya bisa mengajukan verifikasi Instagram jika saya memiliki akun palsu dengan nama selebriti?

Tidak, Anda hanya dapat mengajukan verifikasi untuk akun yang autentik dan terkait dengan diri Anda atau bisnis resmi.

10. Apakah saya perlu menggunakan jasa pihak ketiga untuk mendapatkan verifikasi Instagram?

Tidak, Instagram melarang pengguna untuk menggunakan jasa pihak ketiga dalam proses verifikasi akun. Sebaiknya mengajukan permohonan verifikasi langsung melalui aplikasi Instagram.

11. Dapatkah saya mempercepat proses verifikasi Instagram?

Tidak, proses verifikasi Instagram membutuhkan waktu tertentu dan tidak dapat dipercepat. Anda hanya perlu bersabar menunggu pengumuman dari tim verifikasi Instagram.

12. Apakah saya dapat mengajukan permohonan verifikasi jika akun saya baru dibuat?

Tidak disarankan untuk mengajukan permohonan verifikasi jika akun Anda baru dibuat. Instagram biasanya membutuhkan sejumlah waktu untuk memeriksa dan memahami aktivitas akun sebelum mempertimbangkan permohonan tersebut.

13. Di mana saya dapat melihat status permohonan verifikasi Instagram saya?

Status permohonan verifikasi Instagram dapat dilihat melalui bagian “Pengaturan” pada aplikasi Instagram. Cari opsi “Permohonan Verifikasi” dan Anda akan melihat status permohonan Anda di sana.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan verifikasi Instagram. Mulai dari menggunakan nama yang jelas dan mudah dikenali, mempersiapkan bukti identitas, membangun jumlah pengikut dan keterlibatan yang tinggi, hingga menjaga aktivitas dan kualitas akun setelah verifikasi. Verifikasi Instagram dapat memberikan keuntungan yang signifikan, seperti meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan, melindungi akun dari pencurian identitas, serta memberikan akses ke fitur khusus.

Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah yang disarankan dan mematuhi kebijakan Instagram dalam proses mendapatkan verifikasi. Pastikan juga untuk tetap menjaga kualitas konten dan berinteraksi dengan pengikut Anda dengan sopan dan positif. Dengan melakukan ini, Anda memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan verifikasi Instagram dan memaksimalkan potensi akun Anda dalam mencapai tujuan pemasaran, branding, atau bisnis.

Kata Penutup

Demikian artikel tentang bagaimana cara mendapatkan verified Instagram. Verifikasi akun di Instagram membutuhkan persiapan dan upaya yang konsisten, namun hasilnya dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kredibilitas dan keuntungan akun Anda. Ingatlah untuk selalu mematuhi kebijakan dan etika yang berlaku di Instagram, serta menjaga kualitas dan keterlibatan dengan pengikut Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan verifikasi Instagram. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba!

Leave a Comment