Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Photo of author

By Admin

Pendahuluan

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, menjadi influencer atau mendapatkan pengakuan resmi dari Instagram menjadi semakin penting. Salah satu cara untuk memperoleh pengakuan tersebut adalah dengan mendapatkan centang biru di profil Instagram Anda.

Tanda centang biru pada profil Instagram menunjukkan bahwa sebuah akun adalah akun resmi yang autentik dan meyakinkan. Centang biru ini memberikan kepercayaan kepada pengikut dan juga meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pengguna Instagram. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, sangat penting untuk memahami bahwa mendapatkan centang biru di Instagram bukanlah proses yang mudah. Instagram menggunakan proses verifikasi yang ketat untuk menentukan apakah seorang pengguna memenuhi syarat untuk mendapatkan centang biru. Namun, dengan mengikuti beberapa langkah dan strategi yang tepat, Anda memiliki peluang untuk memperoleh centang biru di Instagram.

1. Membangun Kehadiran dan Reputasi yang Kuat

Langkah pertama untuk mendapatkan centang biru di Instagram adalah dengan membangun kehadiran dan reputasi yang kuat di platform tersebut. Penting untuk aktif dan konsisten dalam memposting konten yang relevan dan menarik, serta berinteraksi dengan pengikut dan pengguna lainnya. Buatlah konten yang berkualitas dan berbagi pengetahuan atau informasi yang berguna bagi pengikut Anda. Ingatlah bahwa Instagram ingin memastikan bahwa akun yang mereka verifikasi merupakan akun yang benar-benar memiliki dampak positif.

2. Memiliki Jumlah Pengikut yang Signifikan

Meskipun jumlah pengikut bukanlah satu-satunya faktor yang dipertimbangkan oleh Instagram dalam proses verifikasi, memiliki jumlah pengikut yang signifikan dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan centang biru. Banyaknya pengikut menunjukkan popularitas dan keberhasilan Anda dalam membangun komunitas di Instagram. Selain itu, pastikan pengikut Anda adalah pengikut yang aktif dan memiliki minat yang relevan dengan konten yang Anda bagikan.

3. Memperoleh Dukungan dari Media dan Tokoh Terkenal

Salah satu strategi yang efektif dalam mendapatkan centang biru di Instagram adalah dengan memperoleh dukungan dari media dan tokoh terkenal. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan media atau tokoh ternama di bidang Anda, Anda dapat meminta mereka untuk memberikan dukungan atau rekomendasi tentang akun Instagram Anda kepada Instagram. Dukungan dari pihak yang memiliki reputasi baik dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan peluang Anda untuk mendapatkan centang biru.

4. Memperoleh Liputan Pers dan Menjadi Terkenal

Menjadi terkenal di dunia nyata juga dapat mempengaruhi peluang Anda untuk mendapatkan centang biru di Instagram. Jika Anda memiliki karya atau prestasi yang mencuat, upayakan agar mendapat liputan pers yang baik. Berita yang mengangkat prestasi atau peran Anda dalam masyarakat dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan centang biru. Pastikan untuk mengunggah dan membagikan liputan pers tersebut di Instagram Anda dan memberi tag kepada Instagram untuk memperoleh perhatian mereka.

5. Mematuhi Panduan Komunitas Instagram

BACA JUGA  Kenapa Spotify Tidak Bisa Share ke Instagram Story di iPhone?

Instagram memiliki panduan komunitas yang harus Anda patuhi. Pastikan untuk tidak melanggar aturan dan kebijakan Instagram, seperti melecehkan atau mengancam orang lain, melakukan spam, atau menggunakan konten yang melanggar hak cipta. Melanggar panduan komunitas Instagram dapat merugikan kesempatan Anda untuk mendapatkan centang biru dan bahkan dapat menyebabkan suspensi atau penghapusan akun Anda.

6. Mengajukan Permohonan Verifikasi

Jika Anda merasa bahwa akun Instagram Anda memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk mendapatkan centang biru, Anda dapat mengajukan permohonan verifikasi langsung kepada Instagram. Untuk melakukannya, buka aplikasi Instagram, masuk ke pengaturan, dan temukan opsi “Verifikasi”. Isi formulir yang disediakan dengan informasi yang diperlukan dan lengkapilah langkah-langkah verifikasi yang diminta.

7. Bersabar dan Terus Berusaha

Proses verifikasi akun di Instagram bisa memakan waktu yang cukup lama. Instagram menerima banyak permohonan verifikasi setiap harinya dan mereka membutuhkan waktu untuk memeriksa setiap akun dengan cermat. Oleh karena itu, tetaplah bersabar dan terus berusaha membangun kehadiran dan reputasi yang kuat di Instagram. Teruslah memposting konten berkualitas, berinteraksi dengan pengikut Anda, dan terlibat dengan komunitas Instagram. Setelah permohonan Anda diajukan, Instagram akan memberikan tanggapan ke dalam pesan di aplikasi Instagram Anda dalam beberapa minggu atau bulan.

Kelebihan dan Kekurangan Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Kelebihan:

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Proses mendapatkan centang biru di Instagram dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengikut Anda. Centang biru menunjukkan bahwa Anda adalah akun resmi yang autentik dan meyakinkan, sehingga memberikan kepercayaan kepada pengikut Anda.

2. Menandakan Kepentingan dan Pengaruh Anda dalam Industri Tertentu

Mendapatkan centang biru di Instagram menandakan kepentingan dan pengaruh Anda dalam industri tertentu. Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan perusahaan atau individu di bidang yang sama dan membuka peluang kolaborasi baru yang kredibel.

3. Meningkatkan Jangkauan dan Pengaruh

Dengan mendapatkan centang biru di Instagram, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menjangkau lebih banyak pengikut. Hal ini karena pengguna Instagram cenderung lebih percaya dan tertarik pada akun-akun yang telah diverifikasi.

4. Memperoleh Akses ke Fitur Khusus Instagram

Instagram menawarkan beberapa fitur khusus hanya bagi pengguna yang telah mendapatkan centang biru. Misalnya, Anda mungkin mendapatkan akses ke fitur-fitur seperti swipe up dalam Insta Story atau fitur-fitur yang sedang dalam tahap percobaan.

5. Meningkatkan Peluang untuk Mendapatkan Dukungan Iklan atau Sponsorship

Centang biru di Instagram dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan dukungan iklan atau sponsorship dari perusahaan-perusahaan atau merek-merek terkenal. Perusahaan lebih cenderung bekerja sama dengan akun yang memiliki reputasi yang kuat dan telah diverifikasi.

6. Memperoleh Pengakuan Resmi dari Instagram

Mendapatkan centang biru di Instagram adalah bentuk pengakuan resmi dari Instagram bahwa akun Anda adalah akun yang menonjol dan layak untuk diperhatikan. Ini bisa menjadi pencapaian yang membanggakan dan memberikan kepuasan pribadi.

7. Menjadi Motivasi untuk Terus Memperbaiki dan Berinovasi

BACA JUGA  Save From Instagram: Mengunduh Konten Menarik dengan Mudah

Proses mendapatkan centang biru di Instagram dapat menjadi motivasi untuk terus memperbaiki dan berinovasi dalam konten dan strategi pemasaran anda.

Kekurangan:

1. Proses Verifikasi yang Rumit dan Lam

Mendapatkan centang biru di Instagram melibatkan proses verifikasi yang rumit dan memakan waktu. Ada banyak tahapan yang perlu Anda lewati dan proses penilaian yang ketat untuk memenuhi syarat.

2. Kesulitan dalam Membedakan antara Akun Resmi dan Akun Palsu

Centang biru di Instagram membantu mengidentifikasi akun resmi dan autentik, namun ada juga beberapa akun palsu yang menggunakan trik untuk membuat akun mereka tampak resmi. Hal ini dapat membingungkan pengguna dan mengurangi kepercayaan pada fitur centang biru.

3. Tidak Menjamin Kesuksesan atau Pengakuan Lainnya

Mendapatkan centang biru di Instagram tidak menjamin kesuksesan instan atau pengakuan dari sumber atau media sosial lainnya. Keberhasilan di Instagram tergantung pada sejumlah faktor, termasuk konten yang relevan dan kualitas interaksi dengan pengikut.

4. Terbatas pada Pengguna Terkenal atau Didukung oleh Media Terkemuka

Instagram cenderung memberikan centang biru hanya kepada pengguna yang sudah dikenal atau mendapat dukungan oleh media terkemuka. Hal ini dapat membuat sulit bagi pengguna biasa untuk memperoleh centang biru, terutama jika mereka tidak memiliki akses ke dukungan atau liputan pers yang cukup.

5. Dapat Membuat Tekanan Tinggi untuk Mempertahankan Kualitas

Setelah mendapatkan centang biru di Instagram, ada tekanan yang tinggi untuk mempertahankan kualitas konten dan interaksi dengan pengikut. Centang biru dapat membawa ekspektasi yang lebih tinggi dan mengharuskan Anda untuk terus berinovasi dan memperkuat reputasi Anda di platform ini.

6. Diperlukan Upaya Ekstra untuk Mengatasi Persaingan

Karena banyak pengguna Instagram yang ingin mendapatkan centang biru, persaingan untuk memperolehnya bisa sangat tinggi. Anda perlu melakukan upaya ekstra dan membangun strategi pemasaran yang kuat untuk bersaing dengan pengguna lain.

7. Tidak Ada Jaminan berhasil

Terlepas dari semua upaya yang Anda lakukan, Anda tetap tidak memiliki jaminan bahwa Instagram akan memberikan centang biru. Akun Anda mungkin tidak memenuhi semua kriteria verifikasi mereka atau mungkin ada alasan lain di balik penolakan dari Instagram.

Tabel: Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Langkah Deskripsi
1. Membangun Kehadiran dan Reputasi yang Kuat Menjadi aktif dan konsisten dalam memposting konten yang relevan dan menarik, serta berinteraksi dengan pengikut dan pengguna lainnya.
2. Memiliki Jumlah Pengikut yang Signifikan Mempunyai jumlah pengikut yang signifikan bisa meningkatkan peluang mendapatkan verifikasi.
3. Memperoleh Dukungan dari Media dan Tokoh Terkenal Mendapatkan dukungan dari media dan tokoh terkenal dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan centang biru.
4. Memperoleh Liputan Pers dan Menjadi Terkenal Mendapatkan liputan pers dan menjadi terkenal dapat memperkuat peluang untuk mendapatkan centang biru.
5. Mematuhi Panduan Komunitas Instagram Mematuhi aturan dan kebijakan Instagram merupakan faktor penting dalam proses verifikasi.
6. Mengajukan Permohonan Verifikasi Mengajukan permohonan verifikasi langsung ke Instagram setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
7. Bersabar dan Terus Berusaha Menyadari bahwa proses verifikasi memakan waktu dan tetap berusaha untuk membangun kehadiran yang kuat di Instagram.
BACA JUGA  Cara Membuka Blokiran di Instagram

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu centang biru di Instagram?

Centang biru adalah tanda verifikasi yang menunjukkan bahwa sebuah akun adalah akun resmi dan autentik di Instagram.

2. Bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram?

Anda perlu membangun kehadiran yang kuat, memiliki jumlah pengikut yang signifikan, memperoleh dukungan dari media dan tokoh terkenal, mendapatkan liputan pers, mematuhi panduan komunitas Instagram, mengajukan permohonan verifikasi, dan bersabar serta terus berusaha.

3. Berapa lama proses verifikasi untuk mendapatkan centang biru di Instagram?

Proses verifikasi untuk mendapatkan centang biru di Instagram bisa memakan waktu beberapa minggu hingga bulan, tergantung pada jumlah permohonan yang diterima oleh Instagram.

4. Apa yang harus saya lakukan jika permohonan verifikasi saya ditolak?

Jika permohonan verifikasi Anda ditolak, Anda dapat mencoba kembali setelah jangka waktu tertentu. Selama menunggu, teruslah berusaha membangun kehadiran dan reputasi Anda di Instagram.

5. Apakah jumlah pengikut yang banyak merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan centang biru di Instagram?

Tidak, jumlah pengikut yang banyak bukanlah satu-satunya faktor yang dipertimbangkan oleh Instagram dalam proses verifikasi. Namun, memiliki jumlah pengikut yang signifikan dapat meningkatkan peluang Anda.

6. Apakah semua akun yang memenuhi syarat akan mendapatkan centang biru di Instagram?

Tidak, meskipun akun Anda memenuhi syarat, Instagram memiliki kebijakan untuk memilih akun yang mereka anggap paling layak mendapatkan centang biru.

7. Apa yang harus saya lakukan setelah mendapatkan centang biru di Instagram?

Setelah mendapatkan centang biru di Instagram, penting untuk terus mempertahankan kualitas konten dan interaksi Anda, dan menggunakan kepercayaan yang diberikan untuk membangun pengaruh yang lebih besar.

Kesimpulan

Bagi banyak pengguna Instagram, mendapatkan centang biru di profil mereka adalah pencapaian yang diidamkan. Centang biru ini menunjukkan bahwa akun Anda adalah akun resmi yang autentik dan meyakinkan. Untuk memperoleh centang biru di Instagram, Anda perlu membangun kehadiran dan reputasi yang kuat, memiliki jumlah pengikut yang signifikan, memperoleh dukungan dari media dan tokoh terkenal, mendapatkan liputan pers, mematuhi panduan komunitas Instagram, mengajukan permohonan verifikasi, dan tetap bersabar serta terus berusaha. Kendati demikian, penting untuk diingat bahwa mendapatkan centang biru bukanlah jaminan kesuksesan instan, namun hal ini dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengikut Anda di Instagram. Teruslah berinovasi dan mempertahankan kualitas konten Anda untuk memaksimalkan manfaat centang biru di Instagram.

Kata Penutup

Artikel ini menjelaskan secara rinci tentang bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram. Kami berharap informasi ini memberikan wawasan dan panduan yang bermanfaat bagi Anda yang ingin memperoleh centang biru di profil Instagram Anda. Harap diingat bahwa proses verifikasi ini membutuhkan waktu dan tidak menjamin kesuksesan instan. Tetaplah konsisten dan terus berusaha membangun kehadiran dan reputasi yang kuat di Instagram. Selamat mencoba mendapatkan centang biru di Instagram!

Leave a Comment