Zona Merah Bertambah, Lonjakan Kasus Sebanyak 3 Kali Lipat Pekan ini

Posted on

Zona Merah Bertambah, Lonjakan Kasus Sebanyak 3 Kali Lipat Pekan ini

TINTAPENA.COM–Bertambahnya zona merah atau wilayah dengan risiko penularan virus corona (covid-19) tinggi di Indonesia kembali meningkat menjadi 19 kabupaten/kota. Data yang diperoleh itu bersumber dari catatan perkembangan terakhir Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per tanggal 25 April.
Perkembangan zona merah itu tercatat telah mengalami kenaikan sebanyak tiga kali lipat dari sepekan lalu yang hanya menyisakan enam kabupaten/kota zona merah di Indonesia.

“Sangat disayangkan sekali minggu ini lagi-lagi terjadi penambahan kasus pada zona merah dan zona oranye yang mana seharusnya dapat kita upayakan agar turun,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, pada Selasa (27/4).

Adapun beberapa daerah yang masuk kriteria zona merah pada pekan ini menyisakan kabupaten/kota di pulau Sumatera dan Kalimantan. Peningkatan kasus itu terjadi karena ada pergeseran zonasi risiko covid-19 pada 14 kabupaten/kota.

Di antaranya berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, dan provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu kenaikan jumlah zonasi terjadi di zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan covid-19. Sejak pekan lalu tercatat sebanyak 322 wilayah zona oranye, sementara pekan ini bertambah menjadi 340 kabupaten/kota zona oranye.

Berdasarkan data, lima kota administrasi di DKI Jakarta tergabung dalam zona oranye.

“Adanya peningkatan ini dikontribusikan oleh 53 kabupaten/kota yang telah berpindah dari zona kuning ke zona oranye,” jelasnya.

Sedangkan itu, penurunan terjadi di kategori zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan covid-19. Pada pekan ini zona kuning berkurang menjadi 146 kabupaten/kota, dari pekan lalu yang berjumlah 177 wilayah.

Sementara itu, delapan kabupaten/kota sudah masuk dalam kategori zona hijau tidak ada kasus. Antara lain yaitu tiga daerah dari Sumatera Utara yakni kabupaten Nias Barat, Nias Selatan dan Nias Utara. Dua daerah lainnya berasal dari Papua, yakni Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Mamberamo Raya. Lalu Papua Barat di Pegunungan Arfak.

Sedangkan dua daerah lainnya berasal dari Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara dan Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. Satgas Covid-19 juga telah mencatat adanya satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah kabupaten Dogiyai di Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *