Soal Fakta Kegiatan Mengaji bersama Dijalan Malioboro

Posted on
Soal Fakta kegiatan mengaji bersama dijalan Malioboro
Soal Fakta kegiatan mengaji bersama dijalan Malioboro

TINTAPENA.COM–Jakarta, Menggelar kegiatan mengaji bersama disepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta, menjadi polemik. Video kegiatan yang digelar beberapa hari menjelang Ramadan itu bertebaran di media sosial.

Dalam unggahan video tersebut, terlihat sebagian peserta kegiatan bertajuk Jogja Mengaji itu duduk di kursi-kursi yang ada di pinggir Jalan Malioboro sembari membaca kitab. Sedangkan kelompok yang membaca selawat berdiri mengenakan kaus hijau di tepi jalan. Berikut fakta-fakta terkait kejadian itu.

Kegiatan Ini Digelar BWA

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) Jogja. Hal itu diakui oleh Ketua BWA Jogja, Narko A Fikri. Dia beralasan kegiatan itu memang sengaja dilakukan untuk menciptakan tradisi baru yakni membuat masyarakat disekitar Jogja menyambut Ramadan ini dengan riang gembira. Pihaknya pun mendorong warga agar cinta membaca Al-Qur’an.

Kegiatan Merupakan Spontanitas

Ketua BWA Jogja, Narko A Fikri, menyebut acara Jogja Mengaji di Jalan Malioboro ini merupakan kegiatan spontanitas. Semula mereka hanya menyelenggarakan kegiatan mengaji ini di Hotel Inna Garuda yang berada tidak jauh dari Malioboro. Namun menurutnya kegiatan di Jalan Malioboro itu juga berlangsung sangat singkat.

“Spontanitas, acara kita hari Ahad di Inna Garuda, Jogja Mengajinya. Dari jam setengah 1 (12.30) sampai jam 10 malam,” tutur pria yang biasa disapa Abah Narko itu, dikutip dari detikJateng, hari Kamis (31/3/2022).

Kegiatan Yang Tidak Berizin

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Cagar Budaya Malioboro, Ekwanto menegaskan bahwa penyelenggara acara itu sayangnya tidak meminta izin kepadanya sebagai pengelola daerah setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *