Seorang Wanita Mengalami Overdosis Vaksin Covid-19 Setelah Vaksinasi

Posted on
Ilustrasi seorang wanita disuntik Vaksin Covid-19
Ilustrasi seorang wanita disuntik Vaksin Covid-19

TINTAPENA.com – Sempat heboh, seorang perempuan muda di Italia secara tidak sengaja menerima enam dosis vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 sekaligus.

Menurut berita yang dilaporkan CBS News, Selasa 11 Mei kemarin, beruntung perempuan berusia 23 tahun itu tidak mengalami efek samping yang serius dari overdosis vaksin Pfizer-BioNTech.

Kecelakaan medis terhadap seorang wanita itu terjadi pada Minggu 9 Mei kemarin di sebuah Rumah Sakit Noa di Tuscany, Italia.

Perawat Rumah Sakit Noa yang memberikan vaksin Pfizer-BioNTech keliru menyuntikkan seluruh botol vaksin yang berisi enam dosis.

Kesalahan terjadi terhadap wanita itu karena perawat mengira botol vaksin yang dia suntik telah menjalani langkah pengenceran yang diperlukan.

Pada pemberian vaksin Pfizer-BioNTech, sebelum vaksin dapat diberikan kepada pasien, masing-masing dari enam dosis diambil dari botol aslinya kemudian dimasukkan ke dalam botol baru, di mana dosisnya diencerkan. “Perawat tersebut mengira vaksin itu telah diencerkan,” ungkap Dr. Tommaso Bellandi, direktur keamanan pasien untuk otoritas kesehatan Tuscany barat laut, Italy, kepada CBS News.

“Keduanya merupakan cairan transparan dengan kepadatan yang sama. Sayangnya, hal tersebut berkontribusi pada kesalahan.”

Perawat RS Noa itu segera menyadari kesalahannya, dan pasien dimonitor selama 24 jam di rumah sakit tersebut.

Wanita itu diberi cairan dan obat penurun demam sebagai tindakan pencegahan.

Satu-satunya efek samping yang dialami wanita muda itu adalah rasa sakit di tempat suntikan.

Setelah dipantau oleh tim medis RS Noa dan tidak ditemukan masalah, perempuan itu diperbolehkan pulang dari rumah sakit pada Senin 10 Mei kemarin.

Rumah sakit pun telah melakukan penyelidikan atas kesalahan perawat tersebut.

Kasus overdosis vaksin Dilansir dari Live Science,  pada Rabu (12/5/2021), ada beberapa kasus overdosis vaksin Covid-19 lain yang terjadi dan pernah diberitakan dalam beberapa bulan terakhir.

Salah satunya kasus seorang pria paruh baya berusia 91 tahun di Ohio, Amerika Serikat yang mengalami syok setelah menerima dua dosis vaksin Covid-19 dalam sehari.

Kemudian pada bulan April lalu, 77 narapidana di sebuah Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Iowa di Fort Madison dilaporkan menerima hingga enam kali dosis normal vaksin yang sama karena kesalahan dari perawat, menurut Des Moines Register.

Beruntung tidak ada narapidana dari keseluruhan yang membutuhkan rawat inap setelah overdosis vaksin tersebut, tetapi beberapa narapidana mengalami sakit lengan, nyeri tubuh, dan disertai demam.

“Atas insiden tersebut, kedua perawat yang memberikan vaksin di penjara tersebut saat ini diminta cuti selama penyelidikan,” ungkap pejabat setempat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *