Putusan MK Paksa KPU Gelar Pilkada Ulang 2020

Posted on

Putusan MK Paksa KPU Gelar Pilkada Ulang 2020

TINTAPENA.COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar setidaknya ada 16 pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Serentak tahun 2020 hingga Juli mendatang. Langkah itu dilakukan karena menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam persidangan perselisihan hasil Pilkada 2020.
Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, pihaknya menggelar PSU di dua pemilihan gubernur, satu pemilihan wali kota, dan 13 pemilihan bupati. Di saat yang sama, KPU juga telah menggelar penghitungan suara ulang di Kabupaten Sekadau pada tanggal 13 April.

“Sebanyak 17 putusan MK yang mengharuskan KPU untuk menyelenggarakan pemungutan suara ulang dan penghitungan suara ulang dengan batas waktu pelaksanaan selama 30 hari sampai 90 hari setelah putusan MK,” kata Dewa dalam keterangan tertulisnya, pada Rabu (28/4).

Dewa menyampaikan PSU Pilkada tahun 2020 tersebut digelar pada tanggal 8 April di Kabupaten Teluk Wondama (4 TPS), tanggal 19 April di Kabupaten Morowali Utara (4 TPS), tanggal 20 April di Kabupaten Indragiri Hulu (1 TPS), tanggal 21 April di Kabupaten Rokan Hulu (25 TPS), dan tanggal 21 April di Kabupaten Pali (4 TPS).

Kemudian ada PSU pada tanggal 24 April di Kabupaten Labuhanbatu (9 TPS), tanggal 24 April di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (24 TPS), tanggal 24 April di Kabupaten Mandailing Natal (3 TPS), tanggal 28 April di Kabupaten Halmahera Utara (4 TPS), dan tanggal 28 April di Kota Banjarmasin (80 TPS).

Selain itu, PSU juga digelar tanggal 5 Mei mendatang di Kabupaten Yalimo (106 TPS), tanggal 27 Mei Provinsi Jambi (88 TPS), tanggal 9 Juni di Provinsi Kalimantan Selatan (827 TPS), tanggal 7 Juli di seluruh TPS di Kabupaten Boven Digoel, tanggal 7 Juli di seluruh TPS di Kabupaten Sabu Raijua, serta tanggal 14 Juli di seluruh TPS di Kabupaten Nabire.

Sebelumnya, MK telah memutus sebanyak 16 pemungutan suara ulang pada Pilkada Serentak tahun 2020. Jumlah PSU pada gelaran ini jadi yang terbanyak sejak era pilkada serentak. Bahkan, jumlah pilkada yang berujung PSU kali ini naik menjadi empat kali lipat dari pilkada lima tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *