Putin: Tak Hanya Eropa, Bencana Akan Ditanggung Seluruh Dunia

Posted on
Putin: Tak Hanya Eropa, Bencana Akan Ditanggung Seluruh Dunia
Putin: Tak Hanya Eropa, Bencana Akan Ditanggung Seluruh Dunia

TINTAPENA.COM–Jakarta, Presiden Rusia Vladimir Putin menebar ancaman bagi negara yang coba memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina. Negara-negara tersebut akan dianggap oleh Moskow telah ikut memasuki konflik.

Dilansir AFP, hari Minggu (6/3/2022) Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelumnya telah memohon kepada Barat untuk membantu dan mendukung zona larangan terbang karena posisi negaranya saat ini yang terkepung akibat invasi Rusia. Namun hingga sejauh ini permohonan itu masih dikesampingkan lantaran dikhawatirkan akan memicu dan meningkat menjadi perang yang lebih luas dengan Rusia.

Putinpun memperingatkan pemberlakuan zona larangan terbang akan memiliki “konsekuensi kolosal dan bencana tidak hanya untuk Eropa tetapi juga pada seluruh dunia”.

“Setiap gerakan ke arah ini akan dianggap oleh kami sebagai partisipasi dalam konflik bersenjata oleh negara itu,” ungkap Putin dalam sebuah pertemuan dengan karyawan maskapai penerbangan nasional Aeroflot.

Dengan adanya serangan militer Moskow di minggu kedua, korban ekonomi dan kemanusiaan perang telah semakin meningkat, dan mendorong warga sipil melarikan diri sejauh mungkin.

Meskipun begitu, Putin menepis rumor bahwa Kremlin berencana untuk mengumumkan darurat militer di Rusia.

“Hukum militer seharusnya hanya diperkenalkan dalam kasus-kasus di mana ada agresi eksternal … kami tidak mengalaminya saat ini dan saya harap kami tidak akan mengalaminya,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *