POS Identifikasi Korban KRI Nanggala-402

Posted on

POS Identifikasi Korban KRI Nanggala-402

TINTAPENA.COM–Polri akan mendirikan posko identifikasi korban insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali pada beberapa waktu lalu. Posko identifikasi ini nantinya akan menyediakan beberapa ahli dokter forensik dari Polri.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigadir Jenderal Rusdi Hartono, mengatakan, jika saat ini seluruh pihak masih terus mencoba untuk melakukan pencarian terhadap jenazah.

“Sedang proses dulu. Yang jelas, Polri akan mendirikan beberapa posko di sana dalam rangka mengidentifikasi, khususnya prajurit-prajurit TNI AL yang terbaik yang telah gugur di sana,” kata Rusdi kepada tim wartawan di Mabes Polri, Jakarta, pada Senin (26/4).

Rusdi menjelaskan jika nantinya para dokter forensik tersebut yang bersiaga di posko akan melakukan pemeriksaan terhadap jenazah-jenazah yang ditemukan.

Namun demikian, Rusdi belum dapat merincikan secara lebih lanjut mengenai lokasi-lokasi persis pendirian posko tersebut.

“Polri mendirikan posko bersama dengan rekan-rekan TNI sembari menunggu proses selanjutnya daripada kasus tenggelamnya kapal selam Nanggala 402,” tambahnya.

Sebanyak 53 awak kalpal KRI Nanggala telah dipastikan gugur disana. Hal ini diketahui berdasarkan hasil citra bawah air secara visual dengan menggunakan kamera.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjhajnto menuturkan telah dikonfirmasi ditemukannya bagian-bagian dari KRI Nanggala yang meliputi kemudi vertikal belakang kapal, jangkar kapal, bagian luar badan tekan kapal, hingga baju keselamatan awak kapal MK 11.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono, menyebutkan, pihaknya bakal mengevakuasi seluruh jasad para awak KRI Nanggala. Nantinya jasad tersebut akan di evakuasi ke Surabaya setelah berhasil diangkat.

“Nanti dievakuasi ke Surabaya, atau nanti tergantung permintaan dari pihak keluarga,” kata Yudo dalam konferensi pers secara virtual, pada Minggu (25/4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *