Penjelasan Oakwood Apartement Soal Bolehkan Pasien Cov-19 Berkeliaran

Posted on

Penjelasan Oakwood Apartement Soal Bolehkan Pasien Cov-19 Berkeliaran

TINTAPENA.COM–Perwakilan Oakwood Apartements PIK Jakarta buka suara soal isu aktivitas Warga Negara Asing (WNA) yang disebut bebas berkeliaran selama menjalani proses karantina. Oakwood Apartements memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa WNA yang bersangkutan telah selesai menjalani masa karantina dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona.


Sebelumnya, hal itu menjadi sorotan dari Koalisi Warga sekitar untuk LaporCovid-19 lantaran menduga ada banyak WNA yang dibiarkan bebas berkeliaran oleh pihak apartemen padahal masih dalam masa karantina.

Menurut pihak Oakwood sendiri, WNA yang bersangkutan sebenarnya telah menjalankan prosedur sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Mereka juga telah selesai dalam menjalani masa wajib repatriasi.

“Tamu yang dimaksud (@elena_iluina) adalah memang benar merupakan tamu dari oakwood dan telah melewati masa wajib repatriasi selama lima hari,” mengutip pernyataan pihak Oakwood Apartements PIK, Jakarta, hari Jumat (30/4).

Pihak Oakwood sendiri juga mengatakan bahwa tamu atau WNA yang dimaksud itu sebenarnya sudah dua kali melakukan tes PCR. Hasil tesnya berturut-turut dinyatakan negatif Covid-19.

“Tamu tersebut kemudian memperpanjang masa menginapnya di Oakwood Apartements setelah melewati masa repatriasi selesai. Oakwood tidak pernah menerima pasien OTG untuk menginap di hotel,” tulis pernyataan mereka.

Sebelumnya, LaporCovid-19 mengunggah beberapa foto WNA yang sedang beraktivitas. Foto tersebut didapatkan dari hasil unggahan media sosial di akun Instagram WNA yang bersangkutan. Dari beberapa foto yang diunggah, terlihat yang bersangkutan tengah berenang di Oakwood Apartment PIK, Jakarta Utara.

Tim Advokasi dari Laporan Warga LaporCovid, Yemiko Happy mengatakan jika pihaknya juga sudah mendapat beberapa laporan dari warga mengenai aktivitas WNA tersebut.

“Pelapor itu kebetulan ada temannya yang sedang menginap di Oakwood,” ungkap Yemiko saat dihubungi.

Dari unggahan LaporCovid, dalam sebuah foto yang diunggah akun Elena_Iluina, terlihat Elena yang tengah berpose di kolam renang dengan lokasi Oakwood Apartments.

“Jika memang perlu melakukan karantina di jakarta, hotel ini bisa jadi pilihan, tidak seperti yang lain, mereka mengizinkan berenang di kolam renang dan berjalan-jalan di sekitar kota,” tulis caption foto. Namun saat ini dari mesin penelusuran, akun Instagram Elena ini sudah tidak bisa ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *