Pengantin Pegiat Seni, Arak-akan Pake Monster Malah Viral

Posted on
Pengantin Pegiat Seni, Arak-akan Pake MOnster Malah Viral
Pengantin Pegiat Seni, Arak-akan Pake MOnster Malah Viral

TINTAPENA.COM–Malang, Pasangan pernikahan di Pagelaran, Kabupaten Malang, jadi viral karena pengiring pengantinnya berkostum unik. Mereka adalah pemuda desa setempat, yang memang mayoritas pegiat seni.

Mempelai perempuan, Puri mengatakan, bahwa sebagian besar pemuda desa di tempat tinggal sang suami itu memang merupakan perajin cosplay. Dalam pernikahan Puri dan Afandi yang berlangsung pada hari Rabu (10/11), setidaknya ada 25 orang yang selama ini sudah tergabung dalam Komunitas Kazelor, ikut mengiringi Afandi dengan mengenakan beragam kostum monster.

“Karena di kampung suami saya pemudanya semua perajin cosplay, jadi sering ada karak-karakan (karnaval) di kampung suami, untuk menunjukkan kreativitas pemuda-pemudinya,” ungkap Puri saat dikonfirmasi oleh detikcom melalui WhatsApp, hari Sabtu (13/11/2021).

Puri turut menyampaikan permintaan maaf atas beredarnya video pernikahan yang tak biasa tersebut, hingga menuai pro dan kontra. Dirinya ingin menegaskan, jika hadirnya para pengiring dengan kostum Kazelor hanya sebagai hiburan semata. Tidak memiliki maksud untuk mengubah adat pernikahan.

“Kami mohon maaf apabila video menimbulkan pro dan kontra. Kami tidak ada maksud mengubah atau merusak adat yang ada, karena itu hanya sebagai hiburan,” tuturya.

Menurut Puri, soal keseriusan menjaga tradisi ataupun adat dalam pernikahannya dapat dilihat dari video secara utuh. “Dan mereka (pengiring) tidak ada maksud merusak untuk adat Jawa, karena kami tetap memakai adat Jawa,” tambahnya.

Puri bersama Afandi menjalani prosesi pernikahan seperti semua orang pada umumnya. Dari mulai prosesi temu dengan iringan gending Jawa hingga melewati beberapa prosesi sebelum akhirnya duduk di kursi pelaminan.

“Bisa dilihat video lengkapnya kok, prosesi temu tetap memakai gending Jawa dan mereka (pengiring monster) tidak ada satupun yang ikut di belakang pengantin,” terang Puri.

Sebelumnya viral diberitakan, aksi pasangan pengantin viral menghadirkan berbagai karakter menyeramkan sebagai arak-arakan pengantin. Kisah tersebut bermula dari posting-an dan unggahan dari sanggar rias pengantin di akun TikTok @sanggarriasmehrunisa. Video tersebut sontak mencuri atensi dari pengguna media sosial lainnya.

Dalam unggahan video tersebut, terlihat beragam karakter yang menyeramkan bak monster dalam film-film horor berjajar di luar area pernikahan. Karakter tersebut bertugas sebagai pengiring pengantin.

Aksi unik dan momen langka tersebut menuai pro dan kontra dari para netizen. Ada yang menyebut seolah-olah perayaan pesta bagi kaum iblis, ada juga yang mempertanyakan kesakralan dari pernikahan tersebut. Tak heran juga banyak warganet yang mengaku takut melihat pengiring pengantin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *