NIK Dan Sertifikat Vaksin Jokowi Dibocorkan Netizen Dan Viral, Jubir Presiden Merespon

Posted on
NIK Dan Sertifikat Vaksin Jokowi Dibocorkan Netizen Dan Viral
NIK Dan Sertifikat Vaksin Jokowi Dibocorkan Netizen Dan Viral

TINTAPENA.COM–Jakarta, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman merespons soal kabar nomor induk kependudukan (NIK) Presiden Joko Widodo yang diduga diumbar sejumlah netizen ke media sosial Twitter.

Fadjroel sangat menyesalkan aksi dari para netizen yang mengunggah NIK Jokowi. Ia meminta agar lembaga terkait segera bertindak guna menyudahi kejadian ini.

“Menyayangkan kejadian beredarnya data pribadi tersebut. Kami berharap pihak terkait segera melakukan langkah dan tindakan khusus untuk mencegah kejadian serupa, termasuk melindungi data milik masyarakat,” kata Fadjroel lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, hari Jumat (3/9).

Fadjroel enggan berkomentar lebih banyak terkait hal tersebut. Ia juga tidak mau berkomentar soal NIK Jokowi yang awalnya beredar di internet adalah dari data calon presiden di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dihubungi secara terpisah, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh mengingatkan tentang sanksi pidana dalam Undang-Undang Administrasi Kependudukan. Menurutnya, mengakses data kependudukan tanpa izin itu sudah bisa masuk ranah hukum.

“Ini bukan kebocoran NIK, tetapi menggunakan data orang lain untuk mendapatkan data informasi orang lain. Ada sanksi pidananya untuk hal seperti ini,” kata Zudan via pesan singkat, hari Jumat (3/9).

Sebelumnya, netizen telah ramai membicarakan NIK Presiden Jokowi. NIK Jokowi tersebut bisa diakses dengan mudah di situs KPU. Hanya dengan mengetik “NIK Joko Widodo” di mesin pencari, maka NIK orang nomor satu itu akan muncul di halaman pertama pencarian.

Beberapa netizen menggunakan NIK Jokowi untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi. Mereka juga mengunduh kartu vaksin Jokowi. Sebagian netizen pun juga mengunggah kartu vaksin Jokowi meski mengandung data pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *