Mengundurkan Diri Dari Menristek, Ini Yang Akan Dilakukan Bambang Brodjonegoro

Posted on
Bambang Brodjonegoro
Bambang Brodjonegoro

TINTAPENA.COM– JAKARTA. Saat ini, Bambang Brodjonegoro tidak lagi menjabat sebagai seorang Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pasalnya, Kementerian Riset dan Teknologi (Menristek) kini dilebur dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini sejalan dengan keputusan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk melebur Kemenristek ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2021 ini.

Untuk memimpin kementerian tersebut, Presiden Joko Widodo melantik Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek. Sementara, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kini menjadi lembaga tersendiri. Lembaga tersebut diketuai oleh Laksana Tri Handoko.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Bambang Brodjonegoro memang mengundurkan diri sebagai Menristek atau Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Lantas, pasca purna-tugas, apa rencana Bambang Brodjonegoro untuk selanjutnya?

Bambang Brodjonegoro santer disebut-sebut akan menjadi Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI). Namun, Bambang membantah informasi tersebut.

”Iya, saya mundur sebagai Menristek/Kepala BRIN, tetapi tidak menjadi Komut (Komisaris Utama) BRI,” ungkap Bambang Brodjonegoro kepada Kompas, Selasa (27/4/2021).

Bambang sendiri mengatakan ia akan kembali menjadi akademisi di almamaternya sebagai guru besar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesi (FEB UI) setelah mengundurkan diri dari jabatan menristek.

Terkait kabar yang menyebutkan Bambang Brodjonegoro akan menduduki posisi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur, sejauh ini belum dapat ditindaklanjuti. Sebab, Undang-undang tentang Ibu Kota Negara Baru (IKN) baru disiapkan surat presiden (surpres)-nya untuk diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jabatan itu bertugas mengawal pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Kabar tersebut muncul dari pernyataan Presiden Jokowi sekitar setahun yang lalu. Kala itu, kepala negara menyatakan ada empat kandidat kepala badan otorita ibu kota negara, yaitu Bambang Brodjonegoro, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Komisaris Widodo Makmur Unggas Tumiyana, dan mantan bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Kendati begitu, Bambang mengungkap belum ada pembicaraan terkait hal tersebut.

“Belum ada pembicaraan soal IKN (Ibu Kota Negara),” ungkapnya.

Undang-undang tentang Ibu Kota Negara Baru sendiri sudah difinalisasi di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Adapun pelantikan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek dan Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN digelar di Istana Negera Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *