Kronologi Buaya Jumbo 400Kg Peliharaan Warga Yang Dievakuasi BKSDA

Posted on
Kronologi Buaya Jumbo 400Kg Peliharaan Warga Yang Dievakuasi BKSDA
Kronologi Buaya Jumbo 400Kg Peliharaan Warga Yang Dievakuasi BKSDA Jambi

TINTAPENA.COM-Jambi, Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi telah mengevakuasi buaya jumbo yang berada di penangkaran milik seorang warga jambi. Buaya tersebut telah dirawat sejak 20 tahun itu dievakuasi karena warga di sekitar lokasi mulai tak tenang.

“Ini penangkaran milik warga, penangkaran buaya ini pada intinya tentu saja memiliki izin dan legal. Hanya, karena penangkaran ini sudah banyaknya permukiman warga, serta buaya-buaya itu sudah berukuran rata-rata 400 kg, makanya kita lakukan evakuasi karena warga sekitar sudah mulai resah,” kata Kordinator Tempat Penyelamatan Satwa BKSDA Jambi, Syahron, kepada wartawan, hari Sabtu (25/9/2021).

Penangkaran buaya itu tepatnya berada di Desa Kebon 9, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Syahron mengatakan buaya-buaya di lokasi itu juga dievakuasi karena sudah mulai tak terawat.

“Penangkaran ini memang sudah lama berada di sini, tetapi sejak 5 hingga 9 tahun belakangan ini penangkaran buaya itu sudah tidak terawat lagi. Jumlah buaya di penangkaran ini juga cukup banyak, kurang-lebih ada sebanyak 20 ekor, tetapi yang baru kita evakuasi dua ekor, itu pun beratnya sekitar 400 kg dan panjang 4,5 meter,” ucap Syahron.

Petugas BKSDA juga sudah melakukan evakuasi terhadap beberapa buaya yang ada di sekitar sungai yang tak jauh dari penangkaran itu. Ada tiga buaya berukuran besar yang dievakuasi petugas juga dari sungai yang tak jauh dari permukiman warga.

“Kalau yang baru dievakuasi di penangkaran memang baru dua buaya saja, tetapi sebelumnya kita juga sudah evakuasi sebanyak tiga ekor buaya dengan ukuran besar juga di sekitar sungai.

Walau kita tidak bisa memastikan apakah 2 ekor buaya itu adalah buaya dari penangkaran atau tidak, yang jelas dengan ditemukan buaya di sekitar sungai, itulah yang membuat warga mulai resah dan minta semua buaya di penangkaran untuk dievakuasi,” ujar Syahron.

Dia mengatakan jika pemilik penangkaran telah mengizinkan agar buaya-buaya itu dibawa ke BKSDA Jambi. Buaya-buaya tersebut bakal dibawa ke kolam penangkaran BKSDA yang tentu saja lebih aman dan terawat.

“Buaya yang kita evakuasi ini juga akan kita letakkan sementara di kolam penangkaran kita di daerah Kabupaten Batanghari. Kolam penangkaran kita itu juga aman dan sangat jauh dari permukiman warga,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *