Inilah Bukti Robot AI Akan Gantikan 400 PNS Di Jabar

Posted on
Inilah Bukti Robot Al Akan Gantikan 400 PNS Di Jabar
Inilah Bukti Robot AI Akan Gantikan 400 PNS Di Jabar

TINTAPENA.COM–Bandung, Robot berangsur-angsur menggantikan kinerja manusia saat ini. Contohnya adalah kinerja 400 PNS (pegawai negeri sipil) yang ada di Provinsi Jawa Barat sudah mulai tergantikan robot.

Ada sebanyak 400 PNS di Jawa Barat saat ini sudah tergantikan dengan kinerja artificial intelligence (AI). Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di sela peluncuran Jabar Migrant Service Centre di Gedung Sate, Kota Bandung, hari Selasa, 21 Desember 2021.

“Dulunya dia ke sini cuman input dan 5 proses dalam pembangunan Jawa Barat proses input, proses tuang input, sekarang proses sudah pakai robot, ” ujar Gubernur Ridwan Kamil.

Selanjutnya, ke 400 PNS tersebut akan digeser menjadi pekerjaan dinamis. Penilaian terhadap kinerja PNS Provinsi Jabar juga sudah secara digital atau dengan komputerisasi.

“Rotasi mutasi di Jawa Barat, kalau ada kepala dinas kosong saya sudah pakai artificial intelligence tidak perlu lelang,” ujar Ridwan Kamil seperti diberitakan pikiran-rakyat.com.

Menurutnya, di Indonesia saat ini hanya Provinsi Jawa Barat saja yang menerapkan sistem tersebut karena pihaknya punya sistem komputer yang bisa menilai objektif PNS di Jawa Barat.

“Sehingga setiap ada lowongan komputer akan menominasikan 3 terbaik dari kapasitasnya, dari integritasnya apa sehingga saya tinggal melantik saja tanpa harus membahas tanya jawab dan lain sebagainya,” tuturnya.

Berikutnya, sambung Ridwan, sistem perencanaan pembangunan Jawa Barat sudah memakai aplikasi penuh. Akibatnya ada sebanyak 400 PNS yang harus rela digantikan.

“Misalnya mempromosikan yang jadi target investor, kemudian membereskan krisis, mempromosikan petani milenial,” tambahnya.

Ridwan menambahkan, di masa depan PNS di Jawa Barat pun akan bergeser terlebih pada struktural.

“Mulai tahun depan tidak ada lagi eselon empat. Dari perubahan itu jangan dibilang perubahan itu hanya ada di PT Pos atau BPJS Jadi kami pemerintahan provinsi pun tidak bisa melawan perubahan yang namanya 4.0 orang yang tidak bisa melawan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *