Ini Jadwal Pencairan THR 2021 Untuk PNS, Pensiunan dan Swasta

Posted on
THR 2021
THR 2021

TINTAPENA.COM– THR 2021 kapan cair? Itu adalah pertanyaan untuk semua kalangan yang timbul saat ini. Namun Tunjangan Hari Raya (THR) 2021 akan cair dalam waktu dekat sebelum Lebaran. Pencairan THR 2021 sudah ditetapkan oleh pemerintah, baik THR untuk para pekerja swasta maupun THR PNS dan Pensiunan.

Terkait hal tersebut, kewajiban pembayaran THR 2021 telah diterbitkan Surat Edaran Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan yang keluar pada 12 April 2021 dan ditujukan kepada para pemimpin wilayah atau gubernur di seluruh Indonesia.

Peraturan tersebut telah diterbitkan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauizyah. Menaker juga meminta pembayaran THR bagi pekerja atau buruh hukumnya wajib diberikan dan tidak boleh dicicil tanpa alasan yang kuat.

Berdasarkan surat edaran tersebut THR yang diberikan harus sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menaker Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan di seluruh Indonesia.

“Saya tekankan bahwa pemberian THR keagamaan wajib dibayarkan paling lama tujuh hari sebelum hari raya keagamaan pekerja atau buruh yang bersangkutan,” kata Ida beberapa waktu lalu.

Mengacu pada aturan THR tersebut, maka pengusaha harus membayarkan THR kepada seluruh karyawan swasta selambat-lambatnya  pada Jumat 7 Mei 2021. Pasalnya, Hari Raya Idul Fitri telah diprediksi akan jatuh pada 13 Mei 2021. Ida menandaskan bahwa perusahaan akan diberikan sanksi tegas apabila terlambat atau tidak membayar THR kepada pekerja atau buruhnya.

Pengusaha yang terlambat membayar THR keagamaan kepada pekerja atau buruh akan dikenai denda sebesar lima persen dari total THR yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar THR tersebut.

Namun, Menaker memberi pelonggaran bagi perusahaan yang masih kesulitan dalam melakukan pembayaran THR. Perusahaan diberi kelonggaran dalam pembayaran THR hingga H-1 Lebaran namun dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Sementara itu, jadwal pemberian atau transfer THR 2021 untuk  Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk pegawai negeri sipil (PNS) dan TNI/Polri, akan lebih cepat dibandingkan karyawan swasta.

Pemerintah memastikan pemberian THR 2021 untuk PNS serta TNI/Polri akan cair lebih cepat tahun ini. Sesuai laporan Kementerian Keuangan THR 2021 yang akan diberikan kepada PNS, TNI, dan Polri mencapai Rp30,6 triliun dengan rincian mencapai Rp15,6 triliun di pemerintah pusat dan pemerintah daerah Rp14,8 triliun. Adapun pemberian THR 2021 akan dibayarkan pada H-10 Lebaran sampai H-5 secara bertahap.

Namun, THR pensiunan 2021 menjadi salah satu topik yang paling dicari saat ini. Kira-kira kapan THR pensiunan cair?
Melansir CNBC Indonesia, pencairan THR pensiunan tahun ini akan dilakukan lebih cepat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan pencairan THR PNS aktif maupun pensiunan PNS sama-sama akan dilakukan 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *