Helikopter NASA Siap Terbang Perdana Senin Besok

Posted on

Helikopter NASA Siap Terbang Perdana Senin Besok

TINTAPENA.COM –Jakarta, NASA akhirnya mengumumkan soal jadwal baru untuk penerbangan perdana helikopter Ingenuity di Mars yang sebelumnya telah sempat ditunda karena masalah teknis. Helikopter mini ini dijadwalkan akan terbang pada hari Senin (19/4) esok.
Jadwal realis baru ini diumumkan sesaat setelah Ingenuity berhasil melewati tes-tes penting pada akhir pekan ini. Menurutnya, Jika tidak ada halangan, helikopter ini akan lepas landas pada hari Senin sekitar pukul 3.30 EDT atau 14.30 WIB.

Tapi karena NASA juga membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengirimkan data dari penerbangan tersebut ke Bumi, maka kemungkinan livestream penerbangan bersejarah ini akan bisa dimulai pada pukul 6.15 EDT atau 17.15 WIB, seperti dikutip dari Space, hari Minggu (18/4/2021).

Penerbangan ini disebut-sebut sebagai penerbangan yang bersejarah karena akan menjadi penerbangan bermesin pertama yang akan dilakukan di planet lain. Awalnya Ingenuity pernah dijadwalkan terbang pada 11 April lalu tapi harus ditunda karena ada beberapa masalah teknis saat melakukan tes pra-terbang pada tanggal 9 April lalu.

Selanjutnya, Ingenuity kemudian berhasil melewat beberapa tes, dengan tes terbaru yang dilakukan pada hari Jumat lalu, tanggal 16 April untuk mengecek perputaran empat baling-balingnya.

Helikopter yang senilai Rp 1,2 triliun ini diperkirakan tiba di Mars bersama rover Perseverance pada tanggal 18 Februari lalu. Fungsi helikopter ini akan mendemonstrasikan teknologi untuk menerbangkan drone di planet lain.

Ingenuity memiliki ukuran yang sangat mini, dengan hanya tinggi 48 cm dan bobot 1,8 kg. Helikopter ini memiliki sebuah kamera yang dapat digunakan untuk mengambil foto dari udara dan ditenagai dengan satu panel surya yang berada disekitar baling-balingnya.

Jika semuanya berjalan lancar, Ingenuity akan lepas landas dan terbang hingga ketinggian 3 meter sebelum melakukan pendaratan di 40 detik kemudian. Rover Perseverance akan menonton penerbangan tersebut dari jarak sekitar 5 meter dan akan merekam penerbangan itu dengan kameranya.

Setelah penerbangan perdana ini berhasil, Ingenuity akan coba melakukan sederet penerbangan selanjutnya dengan jarak tempuh yang lebih tinggi dan durasi lebih panjang. Helikopter ini memiliki waktu selama 30 hari planet Mars untuk dapat menyelesaikan lima penerbangan di langit Planet Merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *