Gelar Sidang 1 Syawal 1442H, Kemenag Bagi Link Live Streaming

Posted on
Gelar Sidang Isbat 1 Syawal 1442H, Kemenag Bagi Link Live Streaming
Ilustrasi. Petugas dari Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta memantau posisi hilal(CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

TINTAPENA.COM–Jakarta, Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan akan menggelar sidang isbat atau penetapan Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal 1442 H pada hari ini, Selasa (11/5) petang.
Sebagai langkah antisipasi guna menghindari penyebaran virus corona (Covid-19), sidang isbat tersebut akan digelar secara kombinasi daring dan luring. Rangkaian acara tersebut akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Sidang isbat tersebut nantinya akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Para tamu undangan yang hadir pun tak bisa semuanya bisa mengikuti secara langsung di Kantor Kemenag.

Melihat hal tersebut, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan jika pihaknya telah menyiapkan solusi layanan siaran melalui Zoom Meeting dan live streaming di media sosial resmi milik Kemenag untuk peserta sidang maupun pewarta lainnya.

Sehingga masyarakat luas juga nantinya bisa mengikuti sidang tersebut melalui siaran live streaming yang disediakan di pelbagai media sosial resmi milik Kemenag RI.

Sidang isbat sore ini akan diawali dengan melihat paparan dari posisi hilal 1 Syawal 1442 Hijriah oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama.

Seminar posisi hilal awal Syawal 1442 H nantinya juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube, Facebook maupun Instagram resmi milik Kemenag RI.

https://youtube.com/c/KementerianAgamaPusat

https://instagram.com/kemenag_ri?igshid=6y8pzrb9qpab

Kemudian dilanjutkan pada tahap kedua sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang ini hanya akan dihadiri dengan terbatas secara fisik oleh perwakilan MUI, Komisi VIII DPR, Menteri dan Wakil Menteri Agama.

Kemudian, agenda selanjutnya akan dilanjutkan dengan pengumuman hasil sidang Isbat awal Syawal 1442 H sekitar pukul 19.15 WIB. Agenda ini juga nanti akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube, Facebook maupun Instagram resmi milik Kemenag RI.

https://youtube.com/c/KementerianAgamaPusat

https://instagram.com/kemenag_ri?igshid=6y8pzrb9qpab

Sebagai informasi Kemenag sendiri telah menentukan 88 titik pemantau hilal 1 Syawal 1442 H di seluruh provinsi di Indonesia.

Yang bertugas sebagai pemantau hilal tersebut berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta dari beberapa instansi terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *