Cerita Penonton Moto GP Pulang Jalan Hingga Kaki Lemas

Posted on
KOMPLAIN! Cerita Penonton Moto GP Pulang Jalan Kaki 1 Jam
KOMPLAIN! Cerita Penonton Moto GP Pulang Jalan Kaki 1 Jam

TINTAPENA.COM–Sejumlah penonton MotoGP Mandalika masih terlihat menumpuk hingga malam hari, Minggu, 20 Maret 2022. Para penonton yang belum mendapatkan shuttel bus gratis yang telah dipersiapkan untuk mengantar mereka.

Saat MotoGP selesai, terlihat puluhan ribu penonton pulang dan menunggu bus yang akan mengantar mereka di parkiran (parkir timur dan barat). Namun nahasnya kondisi jalan luar sirkuit yang sangat macet, sehingga membuat paa penumpang ini harus menunggu lama hingga malam hari.

Banyaknya penonton yang lama menunggu terpaksa harus memilih berjalan kaki menuju parkir timur atau barat yang jaraknya belasan kilometer dari sirkuit mandalika.

“Belum ada bus ini. Tunggu saja di sini,” kata petugas di sirkuit menenangkan para penonton.

Beberapa awak media juga tidak mendapat tumpangan bus gratis ini, sehingga ikut berjalan kaki bersama ribuan penonton lainnya. Di tengah jalan, penonton melihat mobil bak terbuka milik marshal, sehingga memilih ikut menumpang. Sayangnya dari sekian jumlah penonton hanya beberapa orang saja yang bisa dimuat.

Terlihat, truk milik kepolisian juga ikut diturunkan untuk membantu membawa penonton ke arah parkir tujuan. Namun sayangnya masih banyak penonton yang tidak kebagian bus.

Sesampainya di lokasi parkir timur atau parkir barat, penonton kembali harus menunggu bus lagi untuk mengantar mereka ke lima koridor penjemputan sebelumnya. Lima koridor itu adalah Lembar dan Gili Mas di Lombok Barat, eks Bandara Selaparang Mataram, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Praya, Kayangan Lombok Timur, dan Bangsal Lombok Utara.

Namun hingga beberapa jam menunggu, bus-bus belum terlihat datang menjemput mereka. Beberapa penonton terlihat sampai ketiduran di sekitar parkiran menunggu jemputan bus mereka.

Banyak sekali protes dari para penonton mancanegara soal lambatnya bus yang akan membawa mereka.

Banyak video yang beredar memperlihatkan kondisi penonton yang menunggu bus hingga malam hari. Mereka ingin komplain, namun tidak menemukan panitia disekitar lokasi.

“Masih menumpuk, belum ada bus yang datang. Oh MGPA, oh Mandalika, namamu saja yang besar. Aparat tidak dapat berbuat banyak, karena sampai detik ini panitia tidak terlihat batang hidungnya di lokasi,” kata seorang penonton dalam video yang beredar.

“Kasihan banget rakyat kecil, rakyat jelata kayak begini. Tapi yang kelas-kelas wahid (satu) enak mobil bisa masuk sampai kursinya,” tuturnya.

Untuk diketahui, ada sebanyak 363 shuttel bus gratis yang telah disiapkan untuk penonton MotoGP Mandalika. Diantaranya 278 bus mengangkut penumpang dari lima koridor jemput ke parkir timur dan barat Sirkuit Mandalika. Sementara ada sebanyak 85 bus yang disediakan untuk mengangkut penumpang dari parkir timur dan barat ke Sirkuit Mandalika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *