BMKG Jepang Ungkap Kronologi Sebabkan Tsunami Jepang

Posted on
BMKG Jepang Ungkap Kronologi Sebabkan Tsunami Jepang
BMKG Jepang Ungkap Kronologi Sebabkan Tsunami Jepang

TINTAPENA.COM–Jakarta, Tsunami telah menerjang pantai di Jepang. Gelombang tersebut dilaporkan terjadi dengan ketinggian 3 meter.

Dilansir dari AFP, hari Minggu (16/1/2022) tsunami tersebut terjadi akibat dari letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di Tonga yang sebelumnya terjadi.

Badan Meteorologi Jepang, mengungkapkan alasan dan kronologi gelombang tsunami yang terjadi beberapa jam setelah letusan gunung api bawah laut. Tsunami tersebut mencapai Jepang pada Sabtu malam hingga Minggu pagi.

Badan tersebut juga mengatakan tsunami setinggi 1,2 meter (sekitar empat kaki) telah mencapai pulau selatan terpencil Amami Oshima sekitar 11:55 (1455 GMT) Sabtu. Kejadian ini diketahui terjadi sebelum daerah lain di sepanjang pantai Pasifik Jepang mengamati tsunami yang lebih kecil.

Sebelumnya peringatan tsunami juga telah diberlakukan untuk wilayah Pantai Barat AS. Peringatan tsunami tersebut diberlakukan usai terjadinya erupsi gunung api bawah laut di Tonga.

Peringatan tsunami disampaikan oleh layanan cuaca setempat. Selain peringatan tsunami, peringatan banjir di Hawaii juga sudah diberlakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *