Apple Luncurkan 7 Produk Baru, Airtag Hingga Iphone 12 Ungu

Posted on
Apple marina bay
Apple marina bay

TINTAPENA.COM–Jakarta, Perusahaan besar Apple telah menggelar acara pertamanya pada tahun 2021 ini . Sejumlah produk baru diperkenalkan pada pecinta Apple pada Selasa (20/4/2021) malam tadi.
Misalnya saja perangkat pelacak benda yang hilang atau anti maling, AirTag hingga varian warna baru ungu untuk iPhone 12. Atau chip M1 yang telah mendukung kinerja iMacs dan iPad Pro.

Tapi sayang, para investor nampaknya tidak begitu senang dengan 7 produk yang diluncurkan Apple tersebut. Setelah acara usai, saham produsen iPhone itu turun mencapai 2%.

 

Produk apa saja yang telah diluncurkan perusahaan Apple malam tadi? Berikut rangkumannya, dikutip dari CNBC Internasional, Rabu 21 April 2021.

iPhone 12 Ungu

Perusahaan besar Apple akhirnya merilis iPhone terbaru. Bukan iPhone 13, melainkan warna varian baru dari jajaran iPhone 12 yaitu varian warna ungu. Apple membuka tirai pemesanan pada hari Jumat, 23 April 2021 mendatang. iPhone 12 ungu akan siap diluncurkan pada 30 April tahun ini.

Airtag

Dalam acara Spring Loaded, Apple juga akhirnya meluncurkan AirTag. AirTag merupakan sebuah perangkat kecil yang bisa disematkan di berbagai benda, seperti kunci, dompet, hingga ponsel.

AirTag dijual satuan dengan kisaran harga US$29 (Rp421 Ribu) dan US$99 (Rp1,4 jutaan) untuk pembelian empat AirTag sekaligus. Bagi pecinta Aplle yang tertarik sudah dapat membelinya mulai 30 April 2021 mendatang.

Perangkat AirTag ini menggunakan teknologi bernama Find My. Jadi akan menggunakan jaringan dari iPhone untuk menemukan barang yang hilang.

AirTag juga menggunakan teknik yang disebut Apple sebagai ‘penemuan presisi’, serta juga tetap peka akan privasi penggunanya.

iMac dengan Chip M1

M1 juga disematkan pada perangkat iMac. Selain itu perangkat iMac juga memiliki desain baru lebih tipis dan banyak pilihan warna yakni biru, merah, ungu, orange, kuning, hijau dan silver serta peningkatan hardware baru.

Apple menyebutkan volume perangkat ini telah dikurangi mencapai 50%. Hadir dengan layar built-in berukuran 24 inci dan akan ada peningkatan kamera yakni bisa merekam video 1080p.

Model entry-level akan dijual dengan harga US$1299 (Rp18,9 jutaan) sementara versi upgrade dibanderol dengan harga US$1499 (Rp21,8 jutaan). Pre-order atau pemesanan akan dimulai pada 30 April dan pengiriman dilakukan pada pertengahan Mei 2021.

iPad Pro dengan Chip M1

Apple mengumumkan akan merilis iPad Pro dengan sokongan chip buatan sendiri yaitu M1, menggantikan A-series yang juga digunakan oleh iPhone sebelumnya. Perangkat ini hadir dalam dua pilihan ukuran layar yakni, 11 inci dan 12,9 inci. Chipset tersebut sebelumnya telah diperkenalkan pada perangkat Mac beberapa bulan lalu.

iPad terbaru ini akan menggunakan konektor USB-C. iPad Pro dengan layar 12,9 inci dengan Led dan resolusi warna yang lebih baik dari iPad sebelumnya.

iPad Pro 11 inci akan dijual dengan kisaran harga dari US$799 (Rp11,6 jutaan) dan US$1099 (Rp15,9 jutaan) untuk model 12,9 inci. Keduanya akan bisa dipesan atau Pre-order mulai 30 April dan dikirimkan pada akhir Mei 2021.

Apple TV

Setelah empat tahun lamanya, Apple akhirnya turut mengungkapkan versi teranyar dari perangkat set-top-box (STB) besutan perusahaan, Apple TV 4K.

Apple TV 4K generasi keenam ini diotaki chip A12 Bionic yang sama dengan lini iPhone XS, XS Max, dan XR. Apple TV 4K baru sekarang sudah dapat memutar video HDR dan frame rate yang lebih tinggi. 

Apple melakukan desain ulang pada remote Apple TV ini. Dibuat dari material aluminium dan memiliki tombol untuk menavigasi menu. Perangkat ini akan dijual pada paruh kedua dengan Apple TV 4K terbaru. Perangkat dijual dengan harga US$179 atau US$199 tergantung dari model yang dibeli.

Layanan Podcast Berlangganan

Apple mengumumkan akan menyediakan opsi langganan pada aplikasi Apple Podcasts. Dengan berlangganan, pengguna bisa mendengarkan Podcast tanpa terganggu oleh iklan. Layanan ini akan diluncurkan di 170 wilayah dan negara bulan depan. Apple juga mendesain ulang aplikasi Apple Podcasts ini.

Apple Card

CEO perusahaan raksasa Apple Tim Cook mengumumkan Apple Card akan bisa digunakan secara sharing antara pasangan. Pengguna Apple dapat membuat credit score.

Selain itu Apple Card juga diperankan fitur untuk keluarga dan remaja. Sebelumnya perusahaan Apple dikecam, terutama dari salah saru pendirinya Steve Wozniak yang menemukan terkadang pasangan memiliki batas kredit yang berbeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *